A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Kerjasama dengan Kementerian BUMN, PWI Gelar UKW Gratis | Harian Momentum

Kerjasama dengan Kementerian BUMN, PWI Gelar UKW Gratis

291 Views
Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun

MOMENTUM, Bandarlampung--Mengawali tahun 2024, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menggelar Uji Kompetensi Wartawan di Provinsi Lampung, bekerjasama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

UKW tersebut digelar di Hotel Emersia Bandarlampung, pada Rabu (10-1-2024). Diikuti 36 peserta, terdiri dari empat kelas Wartawan Muda dan dua kelas jenjang Wartawan Madya. 

Sehari sebelum pelaksanaan (Selasa 9 Januari 2024) seluruh peserta mengikuti Pra-UKW secara online dengan PWI Pusat. 

Pelaksana UKW gratis bekerjasama dengan Kementerian BUMN itu merupakan salah satu program kerja unggulan Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun (HCB).

Hendry Ch Bangun menjelaskan, program UWK gratis ini terselenggara atas dukungan penuh Kementerian BUMN yang telah berlangsung sejak akhir tahun 2023 lalu.

Program UKW PWI-BUMN ini dilaunching pada Kamis (28-12-2023) serentak di tiga daerah: Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Provinsi Aceh. Lalu dilanjutkan ke seluruh PWI se-Indonesia, termasuk satu daerah khusus PWI Surakarta.

Kementerian BUMN percaya wartawan adalah bagian utama industri pers yang akan bekerja secara profesional. Atas profesionalitasnya itu, maka pemerintah dan industri lain, termasuk BUMN, sangat memperhatikan industri pers.

Dukungan tersebut diberikan dengan harapan industri pers tetap mampu membaca dengan tajam setiap fakta di lapangan, tanpa menyakiti atau melukai. 

Sebelumnya Menteri BUMN, Erick Thohir, saat menyampaikan program UKW gratis itu sebagai bentuk komitmen terhadap keterbukaan informasi. 

Sebagai pilar keempat demokrasi, pers berperan penting menjadi mitra pemerintah dan industri lain dalam mengabarkan atau melakukan koreksi yang membangun."Posisi media menjadi penting sebagai mitra pemerintah dalam memberikan edukasi dan membuat khalayak menjadi semakin terliterasi dengan baik," ujar Erick.

Berkaitan dengan itu, Kementerian BUMN ikut ambil peran untuk kemajuan pers dukungan penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) gratis di seluruh Indonesia. 

Sementara Ketua PWI Provinsi Lampung, Wirahadikusumah mengapresiasi UKW gratis yang digelar PWI Pusat dan Kementerian BUMN tersebut.

Menurutnya, UKW ini sangat penting untuk meningkatkan profesionalisme para jurnalis. Dalam melaksanakan tugasnya, wartawan harus memiliki standar kompetensi yang memadai. 

Terlebih program ini juga sesuai dengan upaya PWI Lampung dalam meningkatkan kapasitas para anggotanya. "Fokus programnya adalah pembinaan dan pendidikan," imbuh Wira. (**)