A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Pemprov Resmikan Layanan Go Lab | Harian Momentum

Pemprov Resmikan Layanan Go Lab

783 Views
Hamartoni Ahadis, Reihana. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Pemerintah Provinsi Lampung meresmikan Layanan Go Lab dan Gedung Baru UPTD Labkesda (Laboratorium Kesehatan Daerah).

 

Peresmian dilakukan Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis, mewakili Gubernur M Ridho Ficardo, Senin, 25 Juni 2018.

 

“Peningkatan Pelayanan UPTD Labkesda Provinsi Lampung merupakan salah satu program untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Lampung,” ujar Hamartoni.

 

Dikatakannya, pada 1971 UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung bernama Laboratorium Daerah (LABDA) dan di tanggal 13 Maret 1974 berubah menjadi Labkesda.

 

Selanjutnya dengan SK Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung No. 51/SK/B.III/MTS/A/74, setelah otonomi daerah, yang semula berada langsung di bawah Laboratorium Kesehatan Departemen Kesehatan RI pusat menjadi milik Pemerintah Provinsi Lampung, dengan disahkan berdasarkan SK Gubernur Lampung No. 03 Tahun 2001  menjadi UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung, nama ini melekat sampai saat ini.

 

“Ini sejarah baru dalam dunia kesehatan di Lampung,” tukas Hamartoni.

 

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan, UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung bertujuan membantu dan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pemeriksaan laboratorium kesehatan.

 

“Meliputi pemeriksaan laboratorium klinik, radiologi, laboratorium kesehatan masyarakat, laboratorium lingkungan, laboratorium pendidikan dan pelatihan serta pelayanan medical check up,” papar Reihana.

 

Sebagai informasi, ruang lingkup layanan berupa laboratorium klinik, terdiri dari Laboratorium Patologi Klinik (untuk pemeriksaan fungsi jantung, fungsi ginjal, diabetes, fungsi hati, darah lengkap, urine lengkap).

 

Laboratorium Imunoserologi (untuk pemeriksaan Anti HIV, CD4, DBD, hepatitis A, B, C, thypoid, dan lain-lain), Laboratorium Mikrobiologi (untuk pemeriksaan kultur dan resistensi antibiotik, air bersih, minum dan limbah, uji sterilitas ruangan operasi rumah sakit, pemeriksaan angka kuman makanan dan minuman di Rumah Sakit, pemeriksaan angka kuman bahan industri makanan, pemeriksaan TBC/ BTA, Malaria, dan lain-lain).

 

Juga, sebagai Laboratorium Kesehatan masyarakat, meliputi pemeriksaan, pemeriksaan air bersih, air minum, air limbah dan air badan air (sungai), pemeriksaan toksikologi, pemanis, pewarna, pengawet, pemeriksaan logambBerat (Pb, Cd, Cu, Fe, Mn, Cr, dan lain-lain), pemeriksaan narkoba (urine dan darah)

 

Go Lab merupakan inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Labkesda Provinsi Lampung. Pelayanan Go Lab Dilakukan dengan pertimbangan tanpa harus datang ke laboratorium, tanpa meninggalkan pekerjaan, tanpa meninggalkan kegiatan/kuliah dan membantu USILA /disabilitas

 

Selain itu, Go Lab adalah jawaban sebagai bukti upaya upaya untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masuarakat Lampung.

 

Labkesda Provinsi Lampung  juga telah mendapatkan penghargaan Piala Citra Pelayanan Prima pada 2012 dari pemerintah pusat. Atas peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik dengan nilai kategori A.

 

Pada tahun ini me-Lounching Go Lab dan penggunaan gedung baru (bangunan yang lama 803 m2  di atas lahan 2.293 m2, menjadi saat ini luas bangunan adalah 3.014 m2 dengan bangunan 3 lantai)

 

Gedung baru Labkesda terdiri dari Lantai 1 untuk pelayanan umum seperti ruang pendaftaran, ruang konsultasi dokter, ruang perpustakaan, ruang rontgen dan kafetaria.

 

Ruang laboratorium klinik berada di Lantai 2, sedangkan laboratorium kesehatan masyarakat dan ruang tata usaha serta kantor kepala berada di Lantai 3. Pembangunan gedung laboratorium kesehatan menggunakan anggaran APBD Tahun 2017. (ira)