A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Kabupaten Tanggamus, Menata Program Memaksimalkan Potensi | Harian Momentum

Kabupaten Tanggamus, Menata Program Memaksimalkan Potensi

3610 Views
Kantor Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Foto: ist

Harianmomentum.com--Tanggamus terbentuk menjadi salah satu daerah otonomi di  Provinsi Lampung pada tahun 1997, hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Selatan.

 

Dengan luas wilayah mencapai 4. 654,98 kilometer persegi, Tanggamus terbagi menjadi 20 kecamatan. Saat ini (tahun 2018) Kabupaten Tanggamus masih dalam transisi kepemerintahan untuk memilih kepalah daerah devinitif.

 

Dipimpin Penjabat (pj) Bupati Zainal Abidin, jajaran Pemkab Tanggamus terus berbenah. Pembenahan dilakukan mulai dari sistem penyusunan rencana pembangunan. Penyusunan rencana pembangunan diarahkan untuk memaksimalkan penyerapan aspirasi masyarakat, sesuai ketentuan yang berlaku.


Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin melepas ekspor pisang mas ke Cina. Foto:ist


Hasilnya, Pemkab Tanggamus ditetapkan sebagai daerah terbaik di Provinsi Lampung dalam penyusunan Perencanaan Program Pembangunan Daerah.

 

Atas prestasi tersebut Pemkab Tanggamus menerima piagam dan tropy penghargaan yang diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo kepada Pj Bupati Zainail Abidin.

 

Pj Bupati Zainail Abidin mengatakan, salah satu penentu efektifitas pelaksanaan adalah penyusunan rencana program yang baik dengan mengedepan kebutuhan masyarakat.

 

“Program pembangunan bisa dikatakan efektif, apa bila dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat. Karena itu, penyusunan program yang kita lakukan melalui proses musyawarah rencana pembangunan, semaksimal mungkin dapat menyerap aspirasi masyarakat,” kata Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin pada Harian Momentum.


Air Terjun Lembah Pelangi, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus. Foto: ist


Selain itu, penyusunan rencana program yang efektif juga bertujan untuk memaksimalkan potensi pembangunan yang dimiliki.  Kabupaten Tanggamus punya banyak potens sumber daya alam: pertambangan, perkebunan dan pertanian serta pariwisata.

 

Pada bidang perkebunan Tanggamus berhasil mengekspor komodite pisang masn ke luar negeri: Singapura dan Cina. Ekspor pisang mas tersebut merupakan hasil kerja sama kemintraan antara petani di  Kecamatan Sumberejo dengan PT Great Giant Pineapple (GGP).

 

Di bidang pertambangan, Kabupaten Tanggamus punya potensi pertambangan:emas, granit dan batu pualam atau marmer. Selain itu, di Tanggamus juga terdapat sumber panas bumi yang memungkinkan untuk dikembangkan menjadi pembangkit energi listrik alternatif.


obyek wisata Laguna Gayau, Kabupaten Tanggamus. Foto:ist


Pada bidang pariwisata,Tanggamus memiliki potensi yang luar biasa. Sebut saja Teluk Kiluan. Di obyek wisata tersebut wisatawan bisa menikmati sensasi berinteraksi langsung dengan habitat lumba-lumba hidung botol  di laut  lepas.


“Intinya memaksimalkan potensi pembangunan itu harus dilakukan melalu penataan rencana program yang efektif, sesuai kebutuhan masyarakat,” terang Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin. (red)