A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Cegah DBD, Dinkes Metro Ingatkan Warga Soal PHBS | Harian Momentum

Cegah DBD, Dinkes Metro Ingatkan Warga Soal PHBS

478 Views
Kepala Dinas Kesehatan Metro, Eko Hendro.

MOMENTUM, Metro--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) demi menekan penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Bumi Sai Wawai.

Kepala Dinas Kesehatan Metro, Eko Hendro mengatakan, perubahan iklim pada tahun 2024 ini memang membuat angka DBD di Kota Metro meningkat. Karena itu, masyarakat diminta waspada dan menerapkan PHBS. 

"Kita butuh deteksi, seperti yang pak Menteri Kesehatan bilang, yang menyebut tentang rapid test, karena ini perlu didistribusikan di fasilitas kesehatan dasar kita, karena Dengue memiliki (konsekuensi) yang parah apabila telat ditangani," kata dia, Selasa (21-5-2024).  

Dia menuturkan, kenaikan kasus DBD yang cukup drastis pada tahun ini disebabkan oleh multi faktor. Salah satunya adalah kesadaran untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di tingkat individu yang cenderung masih kurang.

"Pasti PSN-nya pada tingkat masyarakat dan individu atau keluarga perlu di tingkatkan. Selain itu, ini juga dipengaruhi fenomena el nino dan ada perubahan iklim sehingga ada perubahan musim," tuturnya.

Eko meminta masyarakat Kota Metro tidak panik dan tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Selain itu, masyarakat diminta melakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) 3M Plus secara berkala dan menyeluruh.

"Mulai sekarang, cek kebersihan di rumah maupun lingkungan sekitar. Jangan sampai ada barang-barang yang berpotensi menimbulkan genangan air," pungkasnya.(**)