A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Temu Petani, Pj Bupati Bahas Program I-Care di Ulubelu | Harian Momentum

Temu Petani, Pj Bupati Bahas Program I-Care di Ulubelu

141 Views
Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan kunjungan kerja di Pekon/Desa Ngarip Kecamatan Ulubelu, Selasa (14-5-2024).

MOMENTUM, Ulubelu--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan menemui kelompok tani serta anggota program I-Care di Pekon/Desa Ngarip Kecamatan Ulubelu, Selasa (14-5-2024).

Hadir dalam kegiatan, Kasubbag TU BSIP Arfi Irawati, Koordinator Program dan Evaluasi BSIP Reli Hefrizen, Koordinator Disimenasi Edwin Herdiansyah, asisten, Inspektur, OPD, Camat, Koperasi di Kecamatan Ulubelu, Pulau Panggung, Air Naningan, Penyuluh Pertanian dan Perternakan.

Pj Bupati Mulyadi Irsan mengatakan, pelaksanaan I-Care sebagai upaya pemerintah dalam rangka peningkatan sisi ekonomi berbasis pertanian, yang digagas oleh Kementerian Pertanian RI melalui BSIP Lampung.

"Luas calon lokasi program I-Care ± 1.000 Ha yang tebagi pada tiga kecamatan yaitu Ulubelu seluas 500 Ha, Air Naningan 350 Ha dan Pulau Panggung seluas 150 Ha," kata dia. 

Dalam program I-CARE ini komoditas yang dikembangkan adalah komoditas kopi robusta yang diintegrasikan dengan ternak kambing dimana kedua komoditas tersebut merupakan komoditas unggulan yang menjadi andalan pada sub sektor perkebunan dan peternakan di Kabupaten Tanggamus.

Kabupaten Tanggamus merupakan penghasil kopi terbesar kedua di Provinsi lampung setelah Kabupaten Lampung Barat dengan total luas 41.522 Ha dengan produksi 33.921 ton/tahun, sedangkan untuk komoditas Kambing, Tanggamus menjadi salah satu penghasil kambing utama di Provisnsi Lampung sengan populasi saat ini 200.587 ekor. 

Dari kondisi tersebut kegiatan I-CARE ini sangatiah strategis untuk dibentuk lembaga usaha petani, mengingat lembaga usaha petani menjadi salah satu tonggak dalam pengembangan ekonomi jangka panjang ditingkat petani. Korporasi petani juga dapat menjadi lokomotif bagi rantai pasok hasil komoditas kopi dan kambing serta poduk olahannya sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan daya saing petani itu sendiri. 

Dia mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi fondasi dalam upaya pembentukan lembaga usaha petani di kegiatan I-CARE ini dengan tujuan meningkatkan daya saing dan nilai jual hasil para petani yang bermuara pada peningkatan Nilai Tukar Petani dan Daya Saing Petani serta berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat serta dapat meningkatkan pendapatan daerah maupun nasional. 

Kasubbag TU BSIP Arfi Irawati mewakili kepala balai BSIP menyampaikan terima kasih atas respon cepat dan positif terhadap program itu, sehingga progres pelaksaan I-Care berjalan lancar. "Alhamdulillah Pj bupati sangat merespon dan mendengarkan progres dari kita semua," pungkas dia.(**)