A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Gelar Lampung Half Marathon, Pemprov Libatkan PASI Bandarlampung untuk Keabsahan Pemenang | Harian Momentum

Gelar Lampung Half Marathon, Pemprov Libatkan PASI Bandarlampung untuk Keabsahan Pemenang

1120 Views

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi kembali menggelar Lampung Half Marathon (LHM).

LHM merupakan salah satu rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 60 Provinsi Lampung sekaligus HUT ke 59 Bank Lampung.

Kegiatan yang dijadwalkan pada 28 April 2024 tersebut ditargetkan bakal diikuti 5 ribu peserta dari berbagai daerah. Termasuk peserta dari luar Lampung.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto mengatakan, LHM merupakan event lari terbesar di Provinsi Lampung. 

“Lampung Half Marathon ini adalah sebuah even lari terbesar di Provinsi Lampung. Even ini dapat mendorong perekonomian dan pariwisata di Lampung. Diharapkan menjadi pemacu agar lebih banyak lagi diadakan even-even olahraga lainnya," kata Fahrizal saat rapat finalisasi LHM di Ruang Sakai Sambayan, beberapa waktu lalu.

Dia berharap, olahraga menjadi gaya hidup sehat bagi masyarakat Lampung.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lampung Descatama Paksi Moeda menjelaskan, pada pelaksanaan LHM nantinya akan melibatkan PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

PASI nantinya memverifkasi para pemenang lomba dari berbagai kategori. Sehingga, keabsahan pemenang lomba benar-benar dilakukan oleh lembaga berwenang.

"Untuk keabsahan pemenang lomba akan diverifikasi oleh PASI Bandarlamung," kata Desca, Senin (22-4-2024).

Dia berharap, dengan adanya verifikasi oleh PASI, Lampung Half Marathon menjadi kegiatan yang profesional dan berstandar internasional.

Diketahui, ada beberapa kategori pada Lampung Half Marathon 2024. Kategori lari 3K (3 kilometer), 5K, 10K dan 21K (Half Marathon). 

Untuk pendaftaran, masyarakat bisa mendaftar secara online melalui laman lampunghalfmarathon.id.

Para peserta LHM 2024 yang berusia 1 sampai 65 tahun secara otomatis diproteksi dengan Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident) oleh Asuransi WePlus (WE+). 

Pertanggungan asuransi dimulai pada saat peserta mengikuti kegiatan acara dan berakhir pada saat acara selesai diselenggarakan, bila terjadi kejadian yang mengakibatkan peserta mengalami perawatan medis.

Panitia telah menetapkan RSUD Abdul Moeloek sebagai rumah sakit rujukan pertama jika terjadi insiden yang mengakibatkan peserta cedera. 

Selain itu, guna menjaga keamanan dan keselamatan para peserta, panitia menyiagakan 7 unit ambulans yang tersebar pada beberapa titik di sepanjang rute, serta 12 medis runner yang akan membawa perlengkapan medis darurat dan memantau para peserta LHM.

Untuk memenuhi perlombaan dengan fasilitas standar internasional, penyelenggara menyediakan 11 water station di sepanjang rute, baik rute 3 km, 5 km, 10 km dan 21 km, yang bisa dimanfaatkan para peserta untuk menghilangkan dehidrasi. Peserta juga bisa memanfaatkan toilet kantor/instansi di sepanjang rute yang dilewati peserta.

Perhelatan LHM 2024 semakin meriah dengan hadirnya artis Soraya Larasati dan Ricky Perdana serta pelari elite nasional Betmen Manurung dan Roby Sianturi yang turun pada kategori 21K. Tim cheering (pemberi semangat) dari siswa-siswi sma/smk serta instansi juga hadir untuk menyemangati para peserta.

Selain itu, Forkopimda Provinsi Lampung juga akan turut serta dalam event ini. Diantaranya adalah Gubernur Lampung beserta istri, Ketua DPRD Provinsi Lampung, Kapolda Lampung, Kajati Lampung, Sekdaprov Lampung, serta Danbrigif 4/Marinir, Danlanud BNY, Danlanal dan Denpom Lampung.

Untuk rute 3K dimulai dari Komplek Perkantoran Pemprov Lampung – Jalan Woltermonginsidi – Moch Roem – Basuki Rahmat – P Emir M Noer – putar balik di Kafe Kiyo – Basuki Rahmat – Woltermonginsidi – kembali ke Pemprov.

5k dimulai dari Komplek Perkantoran Pemprov Lampung– Jalan Woltermonginsidi – Jalan Moch Roem – Jalan Basuki Rahmat –  Jalan Woltermonginsidi – Jalan Rasuna Said – Jalan Cut Mutia – Jalan Woltermonginsidi – Pemprov.

10K dimulai dari Jalan Woltermonginsidi – RS Abdul Muluk - Ramayana – Lampu Merah Masjid Al-Furqon – Jalan Rasuna Said – Bank Lampung – Jalan Woltermonginsidi – Pemprov

21K dimulai dari Jalan Woltermonginsidi – Fly Over MBK – Unila - Putar balik lewat halte Unila – Jalan ZA Pagar Alam bawah Fly over MBK – Ramayana – Lampu Merah Masjid Al-Furqon – Jalan Rasuna Said – Bank Lampung – Jalan Woltermonginsidi – Pemprov.

Total hadiah yang disediakan untuk pemenang sejumlah lebih dari 100 juta untuk masing-masing kategori (3km, 5km, 10km, 21km putra/putri). 

Kategori 3K Putra dan Putri

Juara 1: Rp2.000.000

Juara 2: Rp1.500.000

Juara 3: Rp1.000.000

Kategori 5K Putra dan Putri

Juara 1: Rp3.500.000

Juara 2: Rp2.500.000

Juara 3: Rp1.500.000

Kategori 10k Putra dan Putri

Juara 1: Rp6.000.000

Juara 2: Rp3.500.000

Juara 3: Rp2.500.000

Kategori 21k Putra dan Putri

Juara 1: Rp10.000.000

Juara 2: Rp6.000.000

Juara 3: Rp4.000.000