A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Usai Lebaran Parpol Tancap Gas | Harian Momentum

Usai Lebaran Parpol Tancap Gas

357 Views
Ilustrasi. Dedi-harianmomentum.

MOMENTUM, Bandarlampung-- Sejumlah partai politik (Parpol) di Provinsi Lampung mulai menjaring bakal calon kepala daerah (Bacalonkada) usai lebaran.

Pergerakan itu setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi mengumumkan tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Setidaknya, ada 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada serentak pada 27 November 2024. 

Di Lampung, sejumlah parpol mulai melakukan pemanasan berikut dengan persiapannya. Ada yang sudah mendapatkan surat tugas dari pimpinan pusat partai. Ada juga nama yang muncul berdasarkan dorongan dari akar rumput.

Tapi, mayoritas parpol di Lampung baru akan menjaring sosok yang akan maju dalam kontestasi Pilkada setelah momen hari raya idul fitri atau lebaran.

Seperti halnya Partai Demokrat Lampung. Dikatakan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD Demokrat Lampung Hanifal, pihaknya akan melaksanakan penjaringan calon kepala daerah (Cakada) usai lebaran.

"Sejauh ini sudah ada PO (peraturan organisasi) dari DPP, tapi belum kita tindak lanjuti. Karena kita masih menunggu hasil tetap dari KPU. Meski tahapan di KPU juga sudah berjalan, di partai juga sudah jalan. Untuk penjaringan insyaAllah baru kita lakukan setelah lebaran sesuai PO," kata Hanifal kepada harianmomentum, Selasa (2-4-2024).

"Karena kan pendaftaran juga masih lama. Kalau tidak salah tanggal 20 sampai 29 Agustus," imbuhnya.

Lebih dari itu, kata dia, Demokrat Lampung juga sembari menunggu proses penetapan hasil pemilihan legislatif dan pemilihan presiden di Mahkamah Konstitusi (MK).

Kendati pun, ia menyampaiakan di internal partai sudah ada beberapa kader yang mendapatkan surat tugas untuk menjalin komunikasi dengan partai lain.

"Tapi tetap kita masih menunggu hasil dari MK dan PKPU Pilkada itu sendiri. Untuk kader yang mendapat surat tugas seperti di Pesawaran ada Arisandi, di Lampung Tengah ada Midi Ismanto, di Bandarlampung ada Pak Kherlani untuk membangun komunikasi dengan partai lain," bebernya.

"Silaturahmi dan rapat partai juga terus kita lakukan," sambungnya.

Senada dengan partai berlambang mercy itu, DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Lampung juga bakal melakukan penjaringan usai momen lebaran.

Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah PAN Lampung, Joko Santoso mengatakan, penjaringan calon kada dari PAN akan dibuka secara resmi setelah lebaran idul fitri.

Namun, di akar rumput partai telah ada beberapa usulan untuk kontestasi pemilihan gubernur, ada dua nama yang akan diajukan. Yaitu, Putri Zulkifli Hasan dan Irham Jafar Lan Putra.

"Untuk koalisi dengan partai lain, itu nanti kebijakan DPP yang memutuskan. Yang jelas saat ini kita persiapan untuk setelah lebaran nanti melakukan penjaringan di kabupaten kota," kata Joko Santoso.

Ketua DPW PAN Lampung Irham Jafar Lan Putra menyebut, nantinya kategori yang masuk sebagai kandidat kepala daerah dari partainya paling tidak mempunyai beberapa indikator.

"Ya yang pertama itu ketokohan, keberhasilan pada pileg dan finansial," jelasnya.

Kemudian Partai Gerindra Lampung, Sekretaris DPD Gerindra Lampung Ahmad Giri Akbar menyebut per hari ini partainya baru mempersiapkan menyambut hari raya idul fitri. Untuk penjaringan calon kada nantinya akan dibahas seusai lebaran.

"Gerindra lagi persiapan lebaran, yang tinggal beberapa hari lagi. Untuk pilkada nanti setelah itu," kata Giri.

Ia menyebut, mengenai kabar nama-nama kader Gerindra akan maju pada pilkada yang saat ini terus beredar akan dicek usai lebaran.

"Nanti abis lebaran kita cek. Sekarang itu kita dalam proses mendengar, melihat, memperhatikan, mengevaluasi serta terbuka untuk siapa saja yang ingin berkomunikasi dengan Gerindra," terangnya.

Meski demikian, ia menyampaikan, secara kepartaian pihaknya telah menjalin komunikasi.

"Ini kan masih jauh sekali ya, tapi kalau untuk komunikasi dengan partai lain kita sudah lakukan. Dengan Demokrat sudah, PKB sudah. Itu pun baru sebatas komunikasi elvaluasi hasil Pileg. Belum soal pasangan calon kepala daerah," jelasnya.

Sementara, di Provinsi Lampung sudah ada dua parpol yang mendapatkan surat tugas dari DPP masing-masing untuk menugaskan atau merekomendasi kadernya untuk maju sebagai calon kepala daerah.

Pertama di tubuh partai Demokrat Lampung, DPP Demokrat menyerahkan surat tugas kepada 9 kadernya di Lampung untuk maju sebagai calon kepala daerah di Pilkada serentak 2024. Penyerahan dilakukan secara daring oleh Kepala Bappilu DPP Demokrat Andi Arief di Kantor DPD Demokrat Lampung, 2 Februari 2024.

Bacalon yang menerima surat tugas diantaranya; Edi Irawan Arief (Bakal Calon Gubernur Lampung), Aries Sandi (Bakal Calon Bupati Pesawaran), Bambang Iman Santosa (Bakal Calon Walikota Metro), Midi Iswanto (Bakal Calon Bupati Lampung Tengah), Yozi Rizal (Bakal Calon Bupati Lampung Utara), Hanifal (Bakal Calon Bupati Tulangbawang), Busroni (Bakal Calon Bupati Tulangbawang Barat), Agus Susanto (Bakal Calon Bupati Mesuji) dan Kheirlani (Bakal Calon Bupati Pesisir Barat). 

Surat tugas tersebut, berlaku tiga bulan sejak 29 Januari-29 April 2024, jika tidak bisa melaksanakan tugas, khusus calon gubernur ditarik oleh pusat (DPP), dan calon walikota/bupati akan ditarik oleh DPD.

Selanjutnya, DPP Partai Golkar juga telah mengeluarkan surat perintah atau surat tugas kepada kader-kader terbaik di Provinsi Lampung untuk dipersiapkan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Hal tersebut tertuang dalam surat perintah DPP Partai Golkar nomor Seprin-1369/DPP/Golkar/III/2024 yang dikeluarkan pada 21 Maret 2024.

Surat tersebut ditandatangani langsung oleh Wakil Ketua Umum Ahmad Doli Kurnia Tandjung dan Sekretaris Jendral DPP Golkar Lodewijk F Pulaus.

Berdasarkan surat yang beredar tersebut, untuk bakal calon Gubernur (Bacagub) Lampung, selain petahana Gubernur Lampung yakni Arinal Djunaidi, Golkar juga memerintahkan Hanan A Razak sebagai bakal calon Gubernur Lampung.

Namun, selain sebagai Bacagub, Hanan A Razak juga diperintahkan sebagai Bakal Calon Bupati Tulang Bawang bersama Ismet Roni.

Diketahui, pada 21 November 2023, DPP Golkar juga telah menyerahkan surat tugas kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi untuk mencalonkan diri kembali' pada Pilgub 2024.

Penyerahan surat tugas itu bersamaan dengan 24 kader Golkar lainnya di Ballroom lantai 2 Graha Golkar, Kantor DPP Partai Golkar Jalan Anggrek Neli Murni XI A Kemanggisan, Jakarta Barat.

Yang mana, daftar 25 kader Golkar yang mendapatkan surat tugas pada 21 November 2023 diantaranya; Arinal Djunaidi bakal calon Gubernur Lampung, Musa Ahmad bakal calon Bupati Lampung Tengah, Aprozi Alam, bakal calon Bupati Lampung Utara, Guntur Laksana bakal calon Wakil Bupati Lampung Selatan, Benny Raharjo, bakal calon Bupati Lampung Selatan, Agus Sutanto, bakal calon Bupati Lampung Selatan.

Kemudian, Azwar Hadi bakal calon Bupati Lampung Timur, Winarna bakal calon Bupati Mesuji, Haryati Candralela bakal calon Bupati Mesuji, Ririn Kuswantari bakal calon Bupati Pringsewu, Suherman bakal calon Bupati Pringsewu.

Lalu, Hanan A. Rozak bakal calon Bupati Tulang Bawang, Ismet Roni bakal calon Bupati Tulang Bawang, Riza Mihardi, bakal calon Bupati Tulangbawang Barat, Helwanda, bakal calon Bupati Tulangbawang Barat, Ali Rahman, bakal calon Bupati Waykanan, Rycko Menoza, bakal calon Walikota Bandar Lampung, Yuhadi bakal calon Walikota Bandar Lampung, Azwar Yacub, bakal calon Walikota Bandar Lampung

Yusak, bakal calon Bupati Pesawaran, Agus Cuek bakal calon Bupati Tanggamus, Heri Ermawan bakal calon Bupati Tanggamus, Ismun Zani, bakal calon Bupati Lampung Barat, Rahman Kholid bakal calon Bupati Pesisir Barat dan Tondi Muamar Gadafi Nasution bakal calon Walikota Metro.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung juga sudah memulai tahapan Pilkada untuk memilih gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota.

Ketua KPU Lampung Erwan Bustami mengatakan, tahapan Pilkada diatur dalam PKPU Nomor 2 tahun 2024.

"Tahapan yang sudah dipersiapkan, yakni menyosialisasikan PKPU No 2 tahun 2024 dan melakukan pertemuan tatap muka dengan stakeholder," kata Erwan.

Dia menyampaiakan, untuk pendaftaran pasangan calon dimulai 27-29 Agustus 2024.

"Pendaftaran dibuka pada 27 Agustus hingga 29 Agustus," ujarnya. (**)