A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Kehadiran Mahasiswa Unila di Tiuh Balak Pasar Berikan Kesan dan Manfaat untuk Warga | Harian Momentum

Kehadiran Mahasiswa Unila di Tiuh Balak Pasar Berikan Kesan dan Manfaat untuk Warga

270 Views

MOMENTUM, Waykanan--Tujuh mahasiswa melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Unila) di Tiuh Balak Pasar, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Waykanan untuk Gelombang I 2024.

Mereka berasal dari beberapa fakultas. Seperti Ghaza Ahmad Al Ghifari, Fuad Fadillah, dan Arlin Febrianti, dari mahasiswa dari Fakultas Kedokteran, Program Studi (Prodi) Pendidikan Kedokteran.

Kemudian, Andani Dewanti Susanti dan Aulia Junita daei Fakultas Hukum,  Rahmah Maziyah Ad-Dhuha dari Fakultas Teknik, serta Firsandini dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Kehadiran para mahasiswa itu pun dinilai sangat bermanfaat dan berkesan bagi masyarakat Tiuh Balak Pasar.

Begitu disampaikan Kepala Tiuh Balak Pasar Tarmidzi, Jumat (2-2-2024).

Dia menilai, kehadiran mahasiswa Unila itu memberikan dampak bagi kemajuan Tiuh Balak Pasar.

Menurut dia, berbagai program KKN yang digulirkan, banyak manfaat yang diperoleh warga. Terutama kesadaran masyarakat terhadap gaya hidup sehat.

"Atas nama warga, saya mengucapkan terima kasih kasih kepada adik-adik mahasiswa KKN Unila yang sudah memberikan manfaat besar bagi warga. Sekali lagi terima kasih atas pengabdian ilmu pengetahuannya," kata Tarmizi.

Sementara itu, perwakilan mahasiswa KKN Unila, Ghaza Ahmad Al Ghifari, mengatakan program KKN di Tiuh Balak Pasar yang dilakukan selama 40 hari banyak hal diberikan kepada warga setempat.

Diantaranya menyosialisasikan pentingnya pengendalian terhadap hipertensi, diabetes mellitus, tuberkulosis terhadap lanjut usia, dan kader posyandu lansia.

Pencegahan penyakit demam berdarah dengue (DBD) dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kemudian, sosialisasi isu kesehatan stunting dan risiko stunting pada ibu hamil sebagai bentuk pengendalian.

Selanjutnya, edukasi kemampuan public speaking dan negosiasi pada remaja. Lalu, edukasi perbedaan antara candaan dan bullying/ kekerasan. Edukasi alur pembuatan Akta Catatan Sipil, dan pembuatan peta administrasi Keluruhan Tiuh Balak Pasar.

Terakhir, pembuatan tempat sampah warga sebagai program kerja unggulan bentuk dari perwujudan lingkungan hidup yang baik dan sehat, serta kegiatan produktif lainnya bersama masyarakat setempat.

"Bahkan, kami juga ikut dalam pengajian rutin, belajar sambil bermain bersama anak-anak usia 7 hingga 12 tahun yang tinggal berdekatan posko KKN," jelasnya.

Pada kesempatan itu, dia menyebut, Tiuh Balak Pasar memiliki letak strategis di Waykanan. Sehingga, perlu ditingkatkan perkembangannya demi kemajuan masyarakat bersama.

"Meski kami dari berbagai jurusan berbeda-beda pada semester enam di Unila, namun KKN ini sangat berkesan. Selain alamnya, warganya pun sangat menyambut baik," tuturnya. (**)