A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Prodi MD FDIK Gelar Lomba Desain Manajemen Masjid Tingkat Nasional | Harian Momentum

Prodi MD FDIK Gelar Lomba Desain Manajemen Masjid Tingkat Nasional

189 Views
Rektor Prof H Wan Jamaluddin beri sambutan pada pembukaan final Lomba Desain Manajemen Masjid

MOMENTUM, Bandarlampung--Program Studi (Prodi) Manajemen Dakwah (MD) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) selenggarakan lomba desain manajemen masjid bagi mahasiswa tingkat nasional.  Final lomba digelar secara hybrid di Teater Lt.2 Gedung Pusat Akademik dan Riset, Kamis (23-11-2023). 

Acara ini dibuka langsung oleh Rektor Prof H Wan Jamaludin Z MAg PhD. Tampak hadir dalam pembukaan final Dekan FDIK Dr Abdul Syukur MAg, Wakil Dekan I Dr Mubasit MM, Wakil Dekan II Dr Faizal MAg, Wakil Dekan III Dr Rosidi MA, Ketua Prodi MD Yunidar Cut Mutia MSosI, para dosen, tenaga kependidikan, finalis dan mahasiswa FDIK. 

Prof Wan Jamaluddin menyambut baik kegiatan ini, sebab masjid merupakan jantungnya pergerakan umat Islam. “Selama ini orang masih memandang sebelah mata pengurus atau marbot masjid, padahal itu adalah tugas mulia untuk melayani umat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Prof Wan mengajak untuk memelihara nilai sakralitas dan kesucian masjid. Ia menekankan untuk tidak menodai dengan mengusung politik praktis jangka pendek.

“Pilihlah hal-hal kebajikan yang bersifat universal, karena masjid milik umat. Jangan mendegradasi peran dan fungsi masjid hanya untuk kepentingan politik praktis sesaat. Karena masjid sebagai garda terdepan dalam mengawal tegaknya nilai-nilai ma’ruf yang universal, luhur, dan agung,” ujarnya.

Menurutnya, manajemen masjid yang baik bisa mengantarkan masjidnya menjadi masjid yang makmur.

Dekan FDIK Dr Abdul Syukur mengatakan, dengan manajemen yang baik bisa mengoptimalkan fungsi masjid dan manajemen masjid di era 4.0.

Sementara itu, Yunidar Cut Mutia selaku Ketua Pelaksana menyampaikan,  lomba desain manajemen masjid bagi mahasiswa tingkat nasional diikuti sebanyak 65 Perguruan Tinggi negeri maupun swasta. 

“Alhamdulillah atas doa dan dukungan semuanya, kami panitia telah menyeleksi semaksimal mungkin, insya Allah menjadi kesan terbaik. Kami dari Prodi Manajemen Dakwah mengucapkan terima kasih atas dukungan bapak rektor dan jajaran, serta mahasiswa semuanya, khususnya panitia pelaksana,” ucapnya.

Dari jumlah tersebut, menyisakan 6 peserta yang mengikuti babak final secara hybrid dengan para juri yakni Dr H Najahan Musyafak MA (UIN Walisongo), Sofian Hadi SAg M KomI (Kanwil Kemenag Provinsi Lampung), M Toriq Nurmadiansyah MSi (Kaprodi Manajemen Dakwah UIN Sunan Kalijaga).(**)

Babak final berlangsung sukses hingga menghasilkan para pemenang sebagai berikut.

Juara 1 : Mita Jamila Hamid (UIN Bandung)

Juara 2 : Fadhlika Layli Rahmah (UIN Padang Sidimpuan)

Juara 3 : Nur Ichsani Achmad & Nina Inarotul  (UIN Raden Intan Lampung)

Harapan 1 : Nenden Hopipah (UIN Jakarta)

Harapan 2 : Rizki Fauzi (UIN Raden Intan Lampung)

Harapan 3 : Nur Aldien & Shinta Nur (UIN Raden Intan Lampung)