A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Sejumlah Nama Bakal Calon Gubernur Lampung 2024 Mulai Muncul | Harian Momentum

Sejumlah Nama Bakal Calon Gubernur Lampung 2024 Mulai Muncul

3981 Views
Ilustrasi. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah partai politik (parpol) di Lampung telah mempersiapkan nama bakal calon Gubernur Lampung untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 2024.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Lampung misalnya, Ketua DPD Demokrat Lampung Edy Irawan diketahui telah disiapkan akan bertarung di perhelatan pemilihan gubernur (pilgub). 

Meskipun nama Edy saat ini masuk dalam daftar calon tetap (DCT) DPR RI melalui daerah pemilihan (Dapil) Lampung II.

Hal itu diketahui dari adanyan brosur Edy Irawan sebagai calon gubernur dari Partai Demokrat yang diterima harianmomentum.com. Di dalam selebaran itu, pada kiri atas terdapat gambar wajah serta tulisan Prabowo-Gibran, kemudian kanan atas bergambar serta bertuliskan SBY-AHY.

Di tengah atas sebaran itu bertuliskan "Insya Allah pantas dan terpercaya bakal calon Gubernur Lampung periode 2024-2029". Di bagian bawah bergambar serta adanya tulisan Ketua DPD Demokrat Lampung Edy Irawan Arief.

"Siap," singkat Edy saat ditanya kebenaran isi leaflet tersebut, Senin, (13-11-2023).

Sekretaris DPD Demokrat Lampung Midi Ismanto mengatakan, sampai dengan saat ini hanya sosok Edy yang akan diusung partai berlambang mercy itu.

"Ya Kami kader Demokrat Lampung sedang mempersiapkan itu. Beliau ketua DPD adalah tokoh senior Lampung yg sudah berpengalaman di bidang politik, akademisi dan birokrasi. Beliau mantan anggota DPRD Lampung periode 2004 - 2009. Anak kandung Mustasyar PWNU Lampung KH. Buya Arief Mahya. Sampai dengan saat ini baru beliau yang dipersiapkan," jelasnya.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu dan Pilkada (BP3) DPTW PKS Lampung, Aep Saripudin, mengatakan terdapat nama dari internal partai yang didorong untuk maju, serta nama dari eskternal partai yang mengajukan diri untuk maju pada Pilgub 2024.

"Terdapat satu dari unsur eksternal yang ingin maju Pilgub Lampung, yaitu Sarjoko berlatar belakang pengusaha. Serta dari internal partai, Al Muzzamil Yusuf," bebernya.

Kemudian, Sekretaris DPD I Golkar Lampung Ismet Roni mengatakan, Golkar Lampung dengan mantap akan mencalonkan kembali Gubernur Arinal Djunaidi pada pilgub mendatang.

"Partai Golkar akan tetap mencalonkan Pak Arinal Djunaidi menjadi Calon Gubernur di Tahun 2024," kata Ismet.

Hal itu juga, kata Ismet, telah dikomunikasikan kepada seluruh kader. Termasuk kepada Arinal Djunaidi.

"Sudah diputuskan melalui rapat pimpinan daerah (Rapimda) Partai Golkar Provinsi Lampung," jelasnya.

Sementara, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Lampung Herman HN mengaku baru akan mempersiapkan sosok bakal calon orang nomor satu di Lampung pasca pilpres dan pileg 2024.

"Pada Mei 2024 nanti akan melakukan penjaringan," ujarnya.

Sementara PDI Perjuangan, sempat muncul nama mantan Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad bakal maju pada Pilgub 2024. Mantan Bupati Tulangbawang Barat dua periode ini makin mencuat ketika dia diangkat menjadi Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan Lampung.

Ditanya soal kepastiannya apakah dia benar akan maju pada pilgub, Umar mengatakan masih akan melihat situasi usai pemilu.

"Masih lihat situasi, hasil pemilu gimana nanti," kata Umar Ahmad saat ditemui di Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Lampung, Selasa (26-9-2023) lalu.

Selain Umar Ahmad, nama Brigjen Polisi (Purn), Edward Syah Pernong, juga digadang-gadang bakal menjadi calon gubernur. Dengan dipilihnya Edward sebagai Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar Pranowo.

Namun, Sekretaris PDI Perjuangan Lampung, Sutono menegaskan partainya masih fokus pada pilpres dan pileg 2024. Soal sosok bakal calon Gubernur Lampung dipastikaan dari internal partai. Selain itu, untuk calon gubernur dari PDIP belum dibahas sebelum terselenggaranya Pilpres dan Pileg 2024.

"Kalo partai kami, jelas fokus ke Pileg dan Pilres Febebruari 2024. Tidak ada satu daerah pun yg bicara pilkada. Nanti setelah tanggal 14 Februari baru bicara itu," kata Sutono.(*)