A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

SMP Negeri 1 Gadingrejo, Ekspo IV dan Semarak Literasi | Harian Momentum

SMP Negeri 1 Gadingrejo, Ekspo IV dan Semarak Literasi

627 Views
Kabid GTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu Tomy Yazid, pihak 'Bakti BCA' Gigih Eka Pratama dan Kepsek SMPN 1 Gadingrejo Heru Siswanto meninjau Stan Pameran Semarak Literasi.

MOMENTUM, Pringsewu -- SMP Negeri 1 Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, menggelar Ekspo IV dan Semarak Literasi 2023.

Kegiatan tahunan itu sebagai ajang mengasah ketrampilan dan bakat peserta didik yakni dengan melaksanakan pentas seni, bazar market day menyajikan  produk kerajinan pelajar setempat, pameran Literasi dan gelar karya P5.

Kepala SMPN 1 Gadingrejo Heru Siswanto mengatakan, ekspo dan semarak literasi selama tiga hari itu, juga dalam rangkaian memperingati Hari Batik Nasional, Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda tahun 2023.

Kegiatan dibuka oleh Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Tomy Yazid Bustomi mewakili Kadisbdibud Kabupaten Pringsewu, pada Kamis (26/10/2023).

Heru mengatakan pada agenda itu digelar beragam lomba untuk tingkat SD/MI dari Kabupaten Pringsewu dan Pesawaran yakni Dongeng, Solosong, LCT Olimpiade MIPA, Hafiz Qur'an dan Pantomim. Sedang lomba bagi pelajar tingkat SMP yakni  lomba desain poster, membaca puisi dan cipta cerpen.

"Khusus bagi pelajar SD yang mendapat juara pertama disetiap lomba mendapat Golden tiket masuk di SMPN 1 Gadingrejo juga mendapat piagam, tropi dan uang pembinaan,"jelasnya.

Selain aneka lomba seni itu, pada Ekspo IV dan Semarak Literasi itu, panitia  menyiapkan sejumlah stand pameran guna memamerkan dan menjual produk kerajinan makanan-minuman, juga  cindera mata, semuanya merupakan hasil karya peserta didik SMPN 1 Gadingrejo.

Menurutnya, agenda tersebut terselenggara berkolaborasi dengan pihak SDN 1 Gadingrejo, SMAN 1 Gadingrejo dan SMPN 1 Gadingrejo sendiri yang merupakan binaan CSR dari Bank BCA Pusat serta pihak sponsorship lainnya.

"Program ini  rutin digelar disetiap tahunnya, dengan penampilan yang selalu berbeda kreasinya dan lebih menarik. Bahkan tahun ini pihak CSR BCA Pusat juga membantu merenovasi toilet pada musholah SMPN 1 Gadingrejo,"jelas Heru.

Sedang kegiatan digelar  bertujuan mendidik peserta didik pada pembelajaran kususnya nonakademik dan mendidik berwirausaha."Kegiatan tersebut juga merupakan wadah untuk  menyalurkan aspirasi pelajar guna meningkatkan litearsi dan numerasi yang merupakan salah satu strategi untuk meningkatan kualitas pendidikan,"terang Heri.

Disamping itu mengajarkan peserta didik sejak dini  pada pembinaan karakter lebih dulu supaya masa depan dapat mandiri dan sukses selalu.

Heru menambahkan, UPT SMPN 1 Gadingrejo yang dibangun sejak 1958 berdiri di atas lahan seluas 6.500 meter persegi. Terdapat 24 ruang, ruang guru, laboratorium, perpustakaan dan mushola. "Saat ini jumlah siswa-siswi ada 753 anak, 58 tenaga guru, 44 di antaranya berstatus PNS,"terangnya.

Sedang Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan Tomy Yazid Bustomi mewakili Kadis Dikbud Kabupaten Pringsewu Budi Hariyanto saat membuka kegiatan tersebut pihaknya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas digelarnya agenda tersebut.

"Semoga melalui kegiatan Ekspo dan Semarak Literasi itu dapat meningkatkan kreasi para peserta didik baik tingkat SD dan SMP tersebut. Serta dapat meningkatkan capaian Literasi, Numerasi  dan peningkatan sikap percaya diri peserta didik,"harapnya.

Dia juga mengharapkan  kepada sekolah lain dapat meniru kegiatan yang positif tersebut. "Sebab sangat positif sekali, sebagai sarana berlatih para peserta didik untuk selalu berkreasi  di berbagai bidang,"imbuhnya.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Ketua MKKS SMP Rahmanto, Bagian Pemegang Program Pendidikan 'Bakti BCA' Gigih Eka Pratama dan jajaran Komite setempat. (*)