A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Lolos 16 Besar IGA 2023, Mesuji Kedatangan Tim Penilai Kemendagri | Harian Momentum

Lolos 16 Besar IGA 2023, Mesuji Kedatangan Tim Penilai Kemendagri

476 Views
Tim Penilai IGV Kemendagari Rifqi Sjarief Assegaf bersama Pj Bupati Mesuji Sulpkar dan jajaran

MOMENTUM, Mesuji--Tim Penilai Kementerian Dalam Negeri menyambangi Kabupaten Mesuji. Kedatangan tim tersebut terkait penilaian penghargaan Innovative Goverment Award (IGA) tahun 2023.

"Pemkab Mesuji menjadimengajukan dua program unggulan untuk meraih penghargaan IGA tahun ini: Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Payo Beladas. Karena itu, kita harus turun langsung ke lapangan melakukan verifikasi dan validasi data dua program inovatif tersebut," kata Tim Penilai IGA Kemendagari Rifqi Sjarief Assegaf, Selasa (10-10-2023).

Dia menerangkan, Kabupaten Mesuji menjadi salah satu dari 15 daerah di Indonesia yang lolos ke tahapan verifikasi dan validasi data lapangan IGA 2023. 

"Tahapan penilaian dikuti ratusan kabupaten/kota se Indonesia, yang sudah kita mulai sejak bulan September lalu, dimulai dari pemaparan oleh kepala daerah dan Mesuji menjadi satu dari 16 daerah yang lolos hingga ke tahapan verifikasi dan validasi data lapangan," terangnya.  

Dia juga menyebut, dari hasil verifikasi dan validasi data yang dilakukan, semuanya sesuai dengan pemaparan yang disampaikan Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar beberapa waktu lalu.

"Berdasarkan pemaparan Pj bupati, inovasi program KUR yang dilakukan berhasil meningkat jumlah nasabah dudari enam ribu menjadi sebelas ribu nasabah. Setelah kita lakukan verifikasi dan validasi data lapangan, memang sesuai dengan pemaparan Pj bupati," ungkapnya. 

Program inovasi lain yang dilakukan Pemkab Mesuji adalah penggunan aplikasi Payo Beladas di setiap desa.

Lewat aplikasi tersebut, masyarakat mendapakatan kemudahan pelayanan pembuatan berbagai dokumen adminstrasi kependudukan. "Jadi dengan aplikasi Payo Beladas, masyarakat yang ingin membuat berbagai dokumen adminstrasi kependudukan, tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke kantor Disdukcapil," jelasnya.

Pj Bupati Mesuji Sulpakar mengatakan, keberhasilan dalam menggagas dan menerapkan program inovatif tersebut adalah hasil kerja keras dan kekompakan seluruh OPD dan jajaran pemkab. Termasuk dukungan masyarakat.

"Sesuai moto kita, Bergerak Bersama Maju Semua. Itu salah satu kunci keberhasilan Pemkab Mesuji dalam menggagas dan menerapakan program-program inovatif," kata Sulpakar. Menurut dia, secara keseluruhan Pemkab Mesuji punya 156 program inovasi. 

"Kalua seluruhnya kita punya 156 program inovasi untuk mengoptimalkan dan mengefektifkan program pembangunan di Kabupaten Mesuji. Dari jumlah tersebut, dua program inovasi: KUR dan Payo Beladas yang kita ajukan ke Kemendagri terkait penilaian IGA tahun ini," terangnya. 

Dia berharap dukungan dan peran aktif dari seluruh elemen pemerintah dan masyarakat untuk keberhasilan pelaksanaan program-program inovatif di Kabupaten Mesuji. (**)