A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

7.158 Produk Lokal Pringsewu Masuk e-Katalog | Harian Momentum

7.158 Produk Lokal Pringsewu Masuk e-Katalog

262 Views
Bimbingan Teknis Pengadaan Barang dan Jasa melalui sistem pengadaan secara elektronik yang digelar Pemkab Pringsewu.

MOMENTUM, Pringsewu -- Produk lokal yang masuk dalam e-katalog Kabupaten Pringsewu mencapai 7.158 produk dari 28 etalase. Dengan nilai traksaksi belanja hingga 21 September 2023 mencapai Rp103 miliar.

Jumlah produk lokal itu diharapkan terus berkembang dan meningkat dalam upaya pemerintah daerah mendukung usaha kecil menegah dan penggunaan produk dalam negeri. 

Hal itu diungkapkan Asisten Ekonomi dan Bangunan Maskur mewakili Penjabat Bupati Pringsewu saat membuka bimbingan teknis pengadaan barang dan jasa melalui sistem pengadaan secara elektronik tahun anggaran 2023, berlangsung di Hotel Urban Pringsewu, Senin 25 September 2023.

Kegiatan dua itu diikuti sekitar 100 peserta selaku pengguna anggaran merangkap pejabat pembuat komitmen. Menghadirkan nara sumber dari Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Lampung Yusron.

Maskur berharap semoga dengan semangat kedisiplinan implementasi, maka Kabupaten Pringsewu mampu memberikan kontribusi dalam mencapai target Pemerintah Pusat Tahun 2023 realisasi pengadaan barang/jasa melalui Produk Dalam Negeri sebesar 95 persen atau Rp 1.171 triliun. 

"Saya berharap melalui Bimtek ini akan semakin meningkatkan kapasitas pengguna anggaran merangkap pejabat pembuat komitmen, kelompok kerja dan pejabat pengadaan dalam pengelolaan pengadaan barang/jasa di perangkat daerahnya masing-masing,"pintanya.

Disamping itu  perangkat daerah diharapkan menjadi lebih siap secara teknis untuk menerapkan katalog elektronik lokal sehingga pelaksana pengadaan pemerintah daerah dapat semakin meningkatkan kerjasama dan koordinasi untuk mewujudkan pengadaan barang/jasa yang berkualitas, transparan dan kredibel di Kabupaten Pringsewu ini

Pemerintah Kabupaten Pringsewu sangat mendukung berbagai bentuk pelaksanaan kegiatan yang merupakan upaya untuk meningkatkan potensi sumber daya manusia."Hal itu berguna menyokong program pembangunan di Kabupaten Pringsewu ini,"harapnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Pringsewu Handri Yusuf mengatakan, bimtek tersebut bertujuan mewujudkan pelaksanaan pengadaan yang cepat, mudah, transparan, dan tercatat secara elektronik.

Menurutnya, keberadaan katalog elektronik dan belanja langsung pengadaan atau BELA pengadaan,  dimaksudkan sebagai media/platform dan alternatif proses pengadaan yang mudah bagi pelaku pengadaan barang/jasa pemerintah.

Katalog elektronik yang transparan diharapkan mampu mendorong pertumbuhan kinerja mitra pelaku usaha dalam negeri, menciptaan iklim usaha yang kompetitif, mendorong pengembangan mutu produk dan diperolehnya harga produk yang wajar. 

"Maka, dengan dilaksanaankannya kebijakan untuk membeli dan memanfaatkan produk dalam negeri ini akan berdampak pada pembangunan di Kabupaten Pringsewu," imbuh Handri Yusuf. (*)