A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Kejar Target Penantian 37 Tahun, Percasi Lampung Matangkan Persiapan Porwil | Harian Momentum

Kejar Target Penantian 37 Tahun, Percasi Lampung Matangkan Persiapan Porwil

519 Views
Porwil XI Sumatera, PON, Percasi, Lampung

MOMENTUM, Bandarlampung--Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) Lampung terus mematangkan persiapan atlet menghadapi Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera, November 2023.

Porwil XI Sumatera yang akan dihelat di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau itu menjadi bagian dari kualifikasi Pekan Olahraga Nasional(PON) tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Sekretaris Percasi Lampung Ariya Khalif mengatakan, saat ini pihaknya sedang melaksanakan pemusatan latihan. "Untuk Porwil nanti, kita akan mengirimkan tujuh pecatur putra: lima akan turun di nomor beregu, satu nomor perorangan dan satu lagi sebagai cadangan. Porwil ini ajang kualifikasi PON untuk cabor catur putra. Sedangkan untuk catur putri akan mengikuti Pra-PON di Bandung bulan Desember mendatang," kata Ariya, Sabtu (23-9-2023).

Terkait target di Porwil nanti, menurut dia, paling realistis dan memang semestinya adalah lolos ke PON.

"Untuk cabor catur putra, di Porwil nanti hanya juara pertama yang otomatis lolos ke PON. Juara dua dan tiga harus mengikuti babak playoff untuk bisa ikut lolos ke PON. Jadi untuk target, kita tidak pilihan selain lolos ke PON," terangnya.

Pelatih Tim Catur Lampung Andri Suryadi menambahkan, secara umum kekuatan cabor catur putra di Porwil nanti merata.

"Catur porwil ini diikuti delapan provinsi se-Sumatera, minus Aceh dan Sumatera Utara yang otomatis lolos karena menjadi tuan rumah PON. Untuk kekuatan cukup merata. Jadi meski berat kita tetap punya peluang. Karena itu, target paling realistis adalah lolos," kata Andri. 

Saat ini, lanjut dia, program pemusatan latihan empat kali seminggu, untuk mengoptimalkan upaya mencapai target lolos ke PON.Terakhir kali, Lampung meloloskan atlet catur putra ke PON itu tahun 1986. 

"Jadi ini, kesempatan terbaik untuk kita bisa kembali lolos ke PON. Apa lagi komposisi tim catur putra kita, kali ini terbilang lengkap. Dari tujuh pecatur yang kita siapkan, tiga diantaranya menyandang gelar MN (master nasional," ungkapnya. 

Berikut tujuh atlet catur Lampung yang dipersiapkan berlaga di Porwil XI Sumatera: MN Hendri Gera, MN Yoan Doni, MN Said Ansyori, Ikhsan Siregar, Fikri Alkatiri, Guritno dan Sinwa.   

Selain latihan rutin empat kali seminggu, Percasi Lampung juga merencanakan agenda uji tanding dengan pecatur luar daerah. "Rencananya, bulan Oktober nanti kita juga akan menggelar uji tandig dengan pencatur luar daerah. Nanti akan dibahas lagi siapa lawan yang akan kita hadapi dalam uji tanding," terangnya. (**)