A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Dakwah Lewat Sinema, Prodi KPI Sukses Gelar RIFF | Harian Momentum

Dakwah Lewat Sinema, Prodi KPI Sukses Gelar RIFF

270 Views
Raden Intan Film Festival (RIFF).

MOMENTUM, Bandarlampung--Raden Intan Film Festival (RIFF) yang diselenggarakan oleh Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Raden Intan Lampung sukses digelar.

RIFF 2023 yang mengusung tema Dakwah Melalui Sinema ditutup dengan perhelatan Malam Anugerah dalam rangka pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba film pendek yang diikuti secara nasional, Senin malam 7 Agustus 2023 di Ballroom UIN Raden Intan Lampung.

Wakil Rektor I Prof Dr H Alamsyah MAg mengapresiasi kegiatan yang dicanangkan oleh para mahasiswa KPI ini. Kegiatan ini dapat mendukung pengembangan sumber daya film dengan mendorong pemerataan pengetahuan dan literasi, memberikan ruang apresiasi yang seluas-luasnya, hingga mendukung upaya penciptaan ekosistem kreatif yang berkelanjutan.

“Hal ini menunjukan bahwa kita (UIN RIL) kampus yang bukan hanya mengkaji ilmu agama saja, tapi juga mengkaji perkembangan teknologi komunikasi yang dikemas melalui film-film yang mengandung pesan moral agama,” ujar Prof Alamsyah saat memberikan sambutan.

Sementara Dekan FDIK Dr Abdul Syukur MAg mengatakan, kegiatan RIFF sebagai bentuk sarana dakwah. “Dakwah bukan sekadar melulu di atas mimbar, namun juga dapat ditanamkan dalam wujud sebuah film sebagai salah satu media dakwah di era digital,” katanya.

Sebelumnya, Ade Nur Istiani, M.I.Kom selaku ketua pelaksana sekaligus sekprodi KPI dalam laporannya mengatakan, tujuan digelarnya RIFF untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa agar selalu aktif dan kreatif dalam memajukan perfilman Indonesia.

Tercatat 25 karya film yang berpartisipasi pada gelaran ini. Karya tersebut berasal dari seluruh Indonesia diantaranya, Lampung, Bandung, Jakarta, Magetan, Batam, Banjarmasin, Banjarnegara, Jember, Palembang, Pandeglang, Pangandaran dan Semarang.

Hadir di acara tersebut jajaran Wakil Dekan FDIK, para Kaprodi dan Sekprodi FDIK, para dosen dan mahasiswa. Di samping itu, hadir juga peserta, dewan juri serta stakeholder yang terlibat pada kegiatan RIFF. 

Para pemenang lomba Film Pendek Raden Intan Film Festival 2023 diumumkan usai beberapa hiburan yang disajikan oleh panitia penyelenggara.(**)

Berikut daftar pemenang beserta judul film yang dilombakan:

Juara 1: " Anglocita" oleh Lanyah Films, dari Semarang

Juara 2: "Kepada Raga Aku Pulang" oleh Sigma TV, dari Jakarta Timur

Juara 3: "Tasamuh" oleh Rumah Film KPI, Bandar Lampung

Harapan 1:  "Tinta Merah" oleh Videografi Universitas Sriwijaya, Palembang

Harapan 2: "Di Dalam Hening" oleh Ratakiri Studio, Jember

Harapan 3: "Ritus" oleh Videografi Universitas Sriwijaya,Palembang