A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Hadirkan Narasumber ISI Yogyakarta, Prodi DKV IIB Darmajaya Gelar Lokakarya Pengembangan Kurikulum | Harian Momentum

Hadirkan Narasumber ISI Yogyakarta, Prodi DKV IIB Darmajaya Gelar Lokakarya Pengembangan Kurikulum

391 Views
Peserta dan narasumber Lokakarya Pengembangan Kurikulum untuk mendukung Kampus Merdeka Mandiri Hibah AKPT Kemdikbudristek RI 2023 foto bersama.
MOMENTUM, Bandarlampung--Program studi Desain Komunikasi Visual (Prodi DKV) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Lokakarya Pengembangan Kurikulum untuk mendukung Kampus Merdeka Mandiri Hibah AKPT Kemdikbudristek RI 2023, selama dua hari (7 – 8 Agustus 2023), di Aula Lantai II Pascasarjana.

Hadir sebagai narasumber, Drs. Baskoro Suryo Banindro, M.Sn., Tim Reviewer MBKM Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta. Lokakarya juga diikuti seluruh dosen Prodi DKV IIB Darmajaya.

Dekan Fakultas Desain, Hukum, dan Pariwisata (DHP) IIB Darmajaya, Dr. Handoyo Widi Nugroho, S. Kom., M.T.I., mengatakan perkembangan teknologi saat ini menuntut untuk selalu fleksibel dan dapat mengikutinya. “Kita semua berusaha menyesuaikan perkembangan kurikulum, khususnya di Prodi DKV,” ungkap dia seperti mengutip dari https://darmajaya.ac.id

Sebelumnya, lanjut dia, Prodi DKV IIB Darmajaya telah melakukan FGD dengan stakeholder mulai dari instansi swasta, pemerintah, dunia usaha dan dunia industri (DUDI) untuk memberikan masukan-masukan terkait kurikulum yang tengah disusun. “Prodi DKV inshaallah juga akan melaksanakan reakreditasi. Yang paling penting adalah salah satu yang mendasari dari pencapaian, lulusan kita, yaitu nantinya dapat diterima oleh instansi swasta, pemerintah dan dunia usaha serta dunia industri,” kata dia.

Dr. Handoyo menuturkan pelaksanaan lokakarya ini juga dalam rangka mendukung penyusunan kurikulum dalam menciptakan lulusan yang diterima oleh instansi pemerintah, swasta, dan DUDI. “Latar belakang lokakarya ini adalah Prodi DKV baru berdiri dan inshaallah tahun ini akan meluluskan mahasiswa. Kami juga masih banyak belajar mulai dari perangkat pembelajaran, penyusunan silabus, metode pembelajaran dan evaluasi pembelajarannya,” tuturnya.

Dia menambahkan dari kegiatan ini juga diharapkan tujuan dan visi institusi dapat tercapai. “Semoga dapat diikuti dengan baik dan membuat sempurna kurikulum dari Prodi DKV IIB Darmajaya,” kata Handoyo.

Dalam kesempatan itu, Drs. Baskoro Suryo Banindro, M.Sn. membedah mata kuliah dari Prodi DKV IIB Darmajaya dengan menitikberatkan pada capaian pembelajaran lulusan (CPL) setelah pemaparan yang dilakukan oleh Ketua Prodi DKV IIB Darmajaya Abdi Darmawan, S.T., M.T.I. Dosen Desain Produk ISI Yogyakarta ini juga memberikan masukan mengenai penamaan mata kuliah dari Prodi DKV IIB Darmajaya.

“Perubahan kurikulum jangan sampai memberikan kesulitan dalam pembelajaran mahasiswa. Perubahan ini diharapkan dapat terimplementasi secara komprehensif. Program atau kegiatan MBKM proses dari hasil ini jika mengikuti zaman, alangkah baik jika kita mendigitalisasikannya,” ungkapnya.

Abdi Darmawan mengatakan bahwa terdapat beberapa mata kuliah yang perlu dimutakhirkan dalam sebaran kurikulum Prodi DKV, tetapi tidak menyulitkan proses kegiatan belajar mahasiswa. “Dengan adanya ini proses pembelajaran mahasiswa akan mempercepat dan pasti tidak menurunkan kualitas pembelajarannya,” tuturnya. (**)