A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Menteri PAN-RB Resmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Lampung Selatan | Harian Momentum

Menteri PAN-RB Resmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Lampung Selatan

435 Views
Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto memberikan cinderamata kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas.

MOMENTUM, Kalianda – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas, meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Lampung Selatan di Kalianda, Jumat 12 Mei 2023.

Peresmian MPP itu bersamaan dengan peresmian MPP di Lampung Utara, Kota Dumai Provinsi Riau serta Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara.

Turut hadir di acara itu, sejumlah pejabat utama Kementerian PAN-RB, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Bupati Lampung Utara Budi Utomo, Bupati Ashan Surya, dan Walikota Dumai Paisal.

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan, bahwa untuk aktivitas MPP Kabupaten Lamsel telah dilakukan uji coba pelayanan sejak 2 Januari 2023 lalu.

Nanang menyebut, MPP Kabupaten Lamsel dilengkapi sarana dan prasarana untuk menunjang 229 pelayanan dan perizinan secara terpadu dari 15 perangkat daerah dan 14 instansi vertikal/BUMN/BUMD.

“Tercatat sudah ada 103.629 perizinan atau layanan yang telah diberikan selama masa uji coba MPP mulai tanggal 2 Januari  hingga 9  Mei 2023,” ujar Nanang Ermanto.

Dia mengatakan, Mal Pelayanan Publik hadir sebagai salah satu terobosan bagi pemerintah daerah dalam menjawab harapan dan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan publik yang tepat serta efisiensi waktu pengurusan cepat.

“Karena Mal Pelayanan Publik ini didukung oleh Sistem Digitalisasi Pelayanan (SDP), seperti antrean elektronik, baik online maupun offline,” kata Nanang.

Menurut Nanang, kehadiran Mal Pelayanan Publik di daerah, tentunya akan berdampak terhadap kemudahan berusaha dan investasi. Sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah.

“Hal ini karena penyediaan layanan perizinan dan non perizinan yang telah terpadu dan tersistem digital,” kata Nanang.

Sementara Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, selaras dengan program pemerintah pusat, pada tahun 2024 Mal Pelayanan Publik dapat merata diseluruh Kabupaten/kota di Indonesia.

“Maka suatu kebanggaan bagi saya, di Provinsi Lampung ini sudah ada beberapa Mal Pelayanan Publik di kabupaten/kota. Termasuk yang diresmikan pak menteri hari ini, Kabupaten Lampung Selatan dan Lampung Utara,” kata Arinal.

Lebih lanjut Arinal menyampaikan, keberadaan Mal Pelayanan Publik untuk memberikan kemudahan dalam mengurus layanan administrasi maupun layanan perizinan dan non perizinan dari berbagai instansi pemerintah dalam satu tempat.

“Dengan demikian integrasi pelayanan harus dibangun melalui Mal Pelayanan Publik. Kita harus mampu berkolaborasi, tidak boleh ada ego sektoral, ego ilmu, apalagi ego daerah. Sebab ini kepentingan bangsa,” tukas Arinal.

Sementara itu, peresmian empat Mal Pelayanan Publik yang dipusatkan di MPP Kabupaten Lampung Selatan ditandai penandatanganan prasasti oleh Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas bersama Gubernur Lampung dan empat bupati/wali kota.

Usai penandatanganan prasasti, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas beserta rombongan melakukan pengguntingan pita dilanjutkan dengan meninjau pelayanan di dalam MPP Kabupaten Lampung Selatan. (*)