A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Upacara Hardiknas 2023, Peserta Kenakan Pakaian Adat | Harian Momentum

Upacara Hardiknas 2023, Peserta Kenakan Pakaian Adat

288 Views
Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto mengenakan pakaian adat Lampung saat memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional 2023.

MOMENTUM, Kalianda--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 di Lapangan Korpri, Kalianda, Senin (8-5-2023).

Upacara dipimpin Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dan dihadiri anggota Forkopimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Thamrin beserta para pejabat eselon II dan III dilingkup Pemkab Lampung Selatan.

Hadir juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto, perwakilan siswa dari SMA, SMP, dan SD serta perwakilan guru dan kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan.

Berbeda dari upacara yang biasa digelar, seluruh peserta upacara kali ini menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah, antara lain pakaian adat Lampung, Jawa, Sumatera Barat, dan Bali.

Nanang Ermanto juga nampak mengenakan pakaian adat Lampung dibalut dengan setelan beskap berwarna silver dipadu kain tapis dan hanuang.

Dalam amanatnya, Bupati Lampung Selatan menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim.

Dimana dalam amanatnya, Nadiem Makarim menyoroti sejumlah isu pendidikan di tanah air, terutama perjalanan 3 tahun pelaksanaan program Merdeka Belajar.

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” ujar Nanang saat membacakan sambutan Menteri Nadiem Makarim.

Lebih lanjut, Nanang menyampaikan, bahwa peserta didik sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

Kemudian lanjut Nanang, para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

“Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar,” tutur Nanang.

Sementara itu, dalam upacara Hardiknas 2023, Bupati Lampung Selatan juga menyerahkan penghargaan satyalancana, tali asih purna bhakti dan penghargaan kepada siswa berprestasi.

Upacara Hardiknas 2023 diakhiri tari massal Lampung Selatan yang diikuti Bupati, Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK dan seluruh peserta upacara. ( *)