A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Ada Teh Kelor dan Minuman Olahan dari Dataran Gunung Dieng di Lamsel Fest | Harian Momentum

Ada Teh Kelor dan Minuman Olahan dari Dataran Gunung Dieng di Lamsel Fest

473 Views
Beragam produk UMKM yang dipajang di Stand Dinas Koperasi dan UMKM di Lampung Selatan Fest 2022.

MOMENTUM, Kalianda--Bagi penikmat kuliner, minuman tradisional atau penyuka produk kerajinan, ada baiknya meluangkan waktu untuk berkunjung ke Lampung Selatan Fest.

Even tahunan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Lampung Selatan, itu kini sedang berlangsung di Lapangan Kalianda. Beragam kuliner dengan aneka rasa yang menggoda lidah. Juga,  produk-produk hasil para perajin UMKM ada di sana.

Salah satu stand pameran yang perlu dipertimbangkan untuk dikunjungi adalah stand Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Lampung Selatan.

Berbagai produk panganan kering, seperti keripik pisang berbagai rasa dan merek, kopi Krakatau, kopi Dano, ada di stand Dinas Koperasi. Tidak hanya itu. Ada produk unggulan lain yang tidak kalah menarik. Yaitu, kapsul kelor, teh kelor, jahe merah mix purwoceng dan jahe merah mix manjakani.

Masih ada lagi. Yaitu, berbagai produk kerajinan tangan seperti kain tapis dan peci tapis, sulam usus, kain ecoprinting, gerabah, dan tukhus.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Selatan Aryantoni menyebut ada sekitar 300 produk UMKM yang dipajang di stand Dinas Koperasi.

Kemudian dia menjelaskan, ada produk minuman khusus untuk pria yang disebut dengan jahe merah mix purwoceng. Juga, yang khusus untuk wanita berupa jahe merah mix manjakani.
"Itu salah satu produk olahan unggulan yang berasal dari tanaman obat keluarga (Toga) yang memiliki banyak khasiat," katanya, Rabu (16-11-2022).

Dia pun menjelaskan, jahe merah mix manjakani memiliki komposisi empon-empon, kayu rapet, manjakani, pinang muda, daun sirih dan gula aren. Sedangkan jahe merah mix purwoceng bermanfaat meningkatkan stamina, menghilangkan nyeri, meningkatkan kesehatan jantung serta melancarkan peredaran darah.

“Daun purwoceng diperoleh dari dataran Gunung Dieng Jawa Tengah dan diolah oleh Komala Sari warga Desa Pisang Kecamatan Penengahan,” tambahnya.

Sementara kapsul kelor dan teh kelor, kata dia, juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya ialah dapat menjaga kadar gula dalam darah serta menghindari dari penyakit diabetes.

Selain itu, di Lampung Selatan Fest, ada pedagang minuman berbahan dasar mangga yang dinamai Manggo Thai Bang Joo. Produk ini menarik karena dilengkapi dengan topping jelly, buah mangga asli, krim serta susu.

Minuman itu ditwarkan dengan tiga harga sesuai dengan ukuran: Rp10 ribu, Rp15 ribu, dan Rp20 ribu perkup. "Manggo Thai Bang Joo ini biasanya berjualan di Lapangan Korpri Pemda Lamsel setiap sore," katanya.

Tidak hanya stand Koperasi dan UMKM serta Manggo Thai Bang Joo. Di even Lampung Selatan Fest juga banyak jajanan street food yang patut untuk dicoba. Tertarik mencoba? Silakan datang ke sana. (*)