A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Pembangunan Kota Juga Bangun Peradaban dan Kebudayaan | Harian Momentum

Pembangunan Kota Juga Bangun Peradaban dan Kebudayaan

615 Views
Pembukaan Festival Art Tubaba (TAF) ke-6, di kota Budaya Uluan Nughrik, Kelurahan Panaraganjaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tubaba.

MOMENTUM, Panaragan - Tubaba Art Festival merupakan bagian penting dari kerja pembangunan sebuah kota yang bukan hanya membangun ruang semata, namun juga membangun manusia, membangun kebudayaan dan peradaban sebuah kota.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Novriwan Jaya, mewakili Pj Bupati, Zaidirina, pada pembukaan Festival Art Tubaba (TAF) ke-6, di kota Budaya Uluan Nughrik, Kelurahan Panaraganjaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tubaba, Jumat (4/11/2022).

"Sedari awal, Kabupaten Tubaba telah
dibangun melalui jalan kebudayaan. Berbagai pembangunan fisik maupun mental dan senantiasa mempertimbangkan aspek budaya," ujarnya.

Menurutnya, Tubaba Art festival turut membentuk keidentitasan dari Kabupaten Tubaba. Selain dari pembentukan karakter melalui kesenian, Tubaba Art Festival juga mempunyai kemungkinan lain untuk menjadi salah satu jenis wisata budaya yang memperkenalkan dan menampilkan beragam kesenian dan kebudayaan yang ada.

"Banyak budaya di daerah yang sejatinya tidak hanya sarat dengan nilai-nilai seni, melainkan juga sarat akan nilai-nilai kemanusian, dan ketuhanan yang merupakan bagian dari identitas manusianya," terangnya.

Kabupaten Tubaba mempunyai kekayaan akan keberagaman budaya dan seni,  sehingga dapat menjadi salah satu potensi yang sangat bermanfaat apabila bisa dimaksimalkan. Selain menjadi identitas dan ciri khas, keberagaman itu sendiri bisa menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Melalui bermacam bentuk budaya dan seni pertunjukan pada pagelaran Tubaba Art Festival tahun ini, masyarakat akan mengetahui dan mengenal budaya yang khas, memahami sejarah dan filosofi dari setiap ritual seni yang dipertunjukan.

Selain itu, juga dapat memperkaya pengetahuan masyarakat tentang seni budaya daerah untuk dikembangkan lalu dipromosikan, sehingga dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya perkembangan ekonomi kreatif yang mampu mendorong berbagai kreativitas anak muda di Kabupaten Tubaba.

"Saya ucapkan  terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para budayawan, seniman, para pelaku dan pelestari seni, serta berbagai pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini," katanya. (*)