A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Pemkab Tanggamus Jamin Kesehatan Masyarakat | Harian Momentum

Pemkab Tanggamus Jamin Kesehatan Masyarakat

1231 Views
Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus H Samsul Hadi melakukan pemotongan pita tanda peresmian Puskesmas Rawat Inap (PRI) di daerah setempat.Foto: dok. H-momen)

Harianmomentum--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus menyatakan kesiapannya guna menjamin kesehatan masyarakat di wilayah itu.

"Kita akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat. Kemarin, setidaknya ada delapan Puskesmas Rawat Inap (PRI) yang diresmikan untuk mendukung kesehatan masyarakat," kata Wakil Bupati Tanggamus, H Samsul Hadi, saat dikonfirmasi kontributor harianmomentum.com, Senin (27/3).

Menurut Samsul, delapan PRI tersebut tersebar di tujuh kecamatan se Kabupaten Tanggamus.

"Kita juga telah memperbaiki Puskesmas rawat jalan Sudimoro Kecamatan Semaka dan sejumlah Puskesmas pembantu (Pustu) agar pelayanan kesehatan semakin maksimal," kata dia.

Samsul Hadi mengatakan bahwa dalam pembangunan kesehatan, penting adanya dukungan ketersediaan sumberdaya seperti fasilitas sarana pelayanan kesehatan, dana operasional kesehatan dan sumberdaya manusia kesehatan.

"Pembangunan yang diresmikan Jumat (24/3) itu merupakan proyek pembangunan yang sangat vital dan dengan adanya pembangunan dan penambahan sarana prasarana puskesmas ini kita berharap pelayanan kesehatan dapat semakin di tingkatkan," kata Samsul.

Dengan bertambahnya sarana pelayanan kesehatan dasar ini, ia berharap masyarakat dapat merasakan manfaat dan bisa mendapatkan fasilitas layanan kesehatan terbaik. 

"Puskesmas hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut, kita ingin, paling tidak ada satu unit puskesmas rawat inap ditiap kecamatan, tentunya dengan infrastruktur memadai, pelayanan prima dan kelengkapan alat medis sebagai modal utama," ujar Wabup.

Dia juga meminta kepada kepala puskesmas, dokter dan tenaga kesehatan lainnya untuk mengutamakan pelayanan dengan hati. "Menolong pasien dengan hati yang ikhlas dan senyum ramah merupakan ladang amal saudara-saudara semuanya. Pelayanan yang baik akan membuat suasana hati pasien senang," ujarnya. 

Secara langsung, kata dia, kondisi mental dan psikis pasien akan membaik sehingga pengobatannya bisa berlangsung cepat.

Pada peresmian PRI, Jumat (24/3), Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Tanggamus Sukisno mengatakan delapan fasilitas kesehatan yang diresmikan adalah PRI Kelumbayan Barat, PRI Way Nipah Kecamatan Pematangsawa, PRI Sanggi Kecamatan Bandarnegeri Semuong, PRI Margoyoso Kecamatan Sumberejo, PRI Pulaupanggung, PRI Bulok Sukamara Kecamatan Bulok, PRI Rantau Tijang dan Sumanda Kecamatan Pugung. 

Kemudian Puskesmas rawat jalan Sudimoro Kecamatan Semaka dan beberapa Pustu.

"Pembangunan PRI dan Puskesmas rawat jalan itu menggunakan anggaran dana alokasi khusus (DAK) 2016. Selain pembangunan fisik baru, juga dilakukan rehabilitasi dan relokasi pustu," ujarnya. 

Untuk pustu bangunan baru, yakni Pustu Pematang Kuyung Kecamatan Kelumbayan, yang direlokasi yakni Pustu Kacamarga Kecamatan Cukuhbalak, Pustu Datar Lebuay Kecamatan Air Naningan.

Sementara yang direhabilitasi, yaitu Pustu Batu Patah Kecamatan Kelumbayan Barat dan Pustu Gunung Sari Kecamatan Ulubelu.

Sukisno menjelaskan, pembangunan PRI dan rawat jalan bertujuan untuk meningkatkan fasilitas dan mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat Tanggamus, karena faktor geografis menyebabkan terbatasnya jangkauan faskes tersebut. 

"Tahun 2017 ini, Tanggamus sudah mempunyaui 17 PRI. Pembangunan puskesmas ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan juga dalam rangka menghadapi program akreditasi," kata dia.

Ia menambahkan, semua Puskesmas hingga 2019 harus sudah terakreditasi secara keseluruhan.(zim)