A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Pusat akan Kuncurkan Rp10 Miliar untuk Program Literasi Lambar | Harian Momentum

Pusat akan Kuncurkan Rp10 Miliar untuk Program Literasi Lambar

494 Views
Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus usai video conference dengan Kepala Perpustakaan RI Muhammad Sarif Bando.

MOMENTUM, Kebuntebu--Pemerintah pusat akan mengucurkan dana Rp10 miliar pada 2022 untuk mendukung program literasi Pemkab Lampung Barat.

Dukungan pemerintah pusat itu disampaikan Kepala Perpustakaan RI Muhammad Sarif Bando saat video conference dengan Bupati Lambar Parosil Mabsus di kediaman pribadi Bupati Lambar di Pekon (Desa) Purawiwitan, Kecamatan Kebuntebu, Rabu (28-7-2021).

"Kami bangga dan akan terus mensuport Pak Bupati, dalam memperjuangkan literasi di Lampung Barat. Kita sudah siapkan aggaran Rp10 miliar untuk bantu Lampung Barat, anggarannya sudah disiapkan pak Dirjen," ucapnya.

Sarif juga mengatakan Lambar akan dijadikan sebagai pilot projek transformasi perpustakaan. Salah satu penunjanhnya, yakni perkembangan literasi di Lambar yang sangat baik dan terarah.

"Ini dilihat dari perkembangan literasi di Lampung Barat yang sudah cukup bagus, dengan adanya perpustaan pekon, dan perpustakaan berjalan," katanya.

Sementara itu, Parosil Mabsus menyambuat baik bantuan Perpusakaan RI. Dukungan tersebut, akan dijadikan modal pengacu untuk lebih mengembangkan lagi literasi di Lambar.

"Suport dan dukungan ini akan kami jadikan sebagai pemupuk semangat kami dalam mewujudkan Lampung Barat sebagai Kabupaten Literasi," katanya.

Parosil merencanakan akan membangun gedung perpustakaan daerah di Kecamatan Balikbukit.

"Insaallah bantuan dari Perpustakaan RI nanti akan kita bangunkan Gedung Perpustakaan Daerah, yang ada di lingkungan Sekuting Terpadu," ucapnya.

Pada waktu yang sama, Parosil juga menceritakan proses berjalannya program literasi di Lambar. Banyak aral dan rintang yang harus dilewati untuk mewujudkan program itu.

Mengingat, dari 15 kecamatan yang terdiri dari 131 pekon (Desa) dan lima kelurahan memiliki latar belakang budaya dan suku yang berbeda. Ada beberapa diantaranya yang sulit untuk menanamkan kebiasaan membaca.

Akan tetapi, atas perjuangan dan kerja keras dari seluruh stakeholder untuk meningkatkan minat baca di masyarakat menuai hasil.

"Alhamdulilah usaha dan upaya itu sedikit demi sedikit mulai membuahkan hasil. Minat baca di masyarakat kini mulai meningkat, terbukti dengan semakin manjamurnya pojok baca di setiap sudut lokasi baik perkantoran, perkampungan bahkan rumah baca sudah hampir merata ada di setiap pekon," jelasnya.

Parosil menyakini dengan meningkaynya minat baca masyarakat di Lambar, kedepan Lambar akan lebih maju dan semakin berkembang. (*)

Laporan: Sulemy

Editor: M Furqon.