A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Cari Bibit Unggul, UIN Laksanakan Ujian Masuk Mandiri Gelombang II | Harian Momentum

Cari Bibit Unggul, UIN Laksanakan Ujian Masuk Mandiri Gelombang II

451 Views
Pengumuman pola seleksi UM Mandiri UIN RIL Lampung.

MOMENTUM, Sukarame--Setelah membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) secara nasional, UIN Raden Intan Lampung juga mencari bibit unggul melalui Ujian Masuk (UM) Mandiri tahun 2021.

UM Mandiri gelombang II yang dilaksanakan melalui Seleksi Sistem Elektonik (SSE) secara daring dan jalur prestasi tanpa tes.

Berdasarkan informasi, pendafataran dimulai 15 hingga 31 Juli 2021, baik jalur tes SSE ataupun jalur prestasi.

Melalui jalur tes SSE, calon mahasiswa melakukan pendaftaran secara online di laman https://aplikasi.radenintan.ac.id/pmb_lokal sampai mendapat PIN. Lalu, melakukan pembayaran sebesar Rp250.000 sesuai PIN yang didapat (PIN adalah virtual account Bank Syari’ah Indonesia yang dapat dibayarkan melalui layanan Bank manapun).

Selanjutnya, calon mahasiswa mengaktifkan kembali PIN yang sudah terbayar pada laman https://aplikasi.radenintan.ac.id/pmb_lokal lalu melengkapi data identitas dan memilih program studi. Tiga tahapan itu wajib dilaksanakan pada 15--31 Juli 2021.

Lebih lanjut, calon mahasiswa melakukan pencetakan kartu ujian (wajib) dalam kartu ujian terdapat barcode yang digunakan untuk mengakses informasi penting mengenai UM Mandiri pada 1--2 Agustus 2021.

Kemudian, peserta UM Mandiri mengikuti tes secara online pada 3 Agustus, dan hasilnya akan diumumkan 5 Agustus mendatang.

Sedangkan jalur prestasi tanpa tes, calon mahasiswa melakukan pendaftaran secara online (gratis) di laman http://bit.ly/UMPrestasiUINRIL mulai 15--31 Juli 2021.

Untuk jalur prestasi, panitia akan melakukan seleksi berkas 1--3 Agustus serta pengumuman kelolosan 5 Agustus mendatang.

Sebelumnya, total peserta tes UM Mandiri Gelombang I ini sebanyak 1141 orang. Jumlah ini terbagi ke dalam 3 sesi. Sesi 1 dan 2 terdiri dari 20 ruang dengan jumlah 400 peserta, sedangkan sesi 3 terbagi 17 ruang dengan jumlah 341 peserta.

Kabag Akademik Dra Farida mengatakan, tidak ada kendala berarti dalam tes SSE daring ini. ”Kalo dari kita sebagai penyelenggara Alhamdulillah lancar dan aman. Karena proses ujian kita sudah kita siapkan, baik dari jaringan, perangkat seperti komputer, maupun pengawas,” ujarnya.

Menurutnya, kendala biasanya terdapat pada peserta misalnya jaringan. “Kami juga sudah imbau peserta untuk membaca peraturan yang tertera di kartu ujian dan memastikan peserta terkait kesiapan perangkat ujian dan jaringan sinyal internet,” sambung Farida.

Peserta yang mengikuti tes SSE ini tercatat sebanyak 88,34 persen atau 1008 peserta yang hadir dan mengikuti tes SSE. Tahun sebelumnya, tes SSE UM Mandiri diikuti oleh 1535 peserta dengan tingkat kehadiran 93,35 persen atau dihadiri oleh 1433 peserta.

Sebelum pelaksanaan tes, peserta juga mengikuti uji coba tes SSE pada 15 Juli 2021 dengan jumlah kehadiran 79,26 persen. Hasil tes SSE UM Mandiri ini akan diumumkan pada 22 Juli 2021.

Farida juga menyampaikan, UIN Raden Intan Lampung masih memberi kesempatan bagi yang ingin berkuliah di kampus hijau ini melalui UM Mandiri Gelombang II jalur Tes SSE Online dan Jalur Prestasi. Informasi terkait UM Mandiri Gelombang II dapat diakses pada laman https://bit.ly/3kjEZkK. (**)

Editor: Agus Setyawan/rilis