Pertama di Sumatera, PPBI Lambar akan Gelar Kontes Bonsai Kelas Bintang

472 Views
Salah satu koleksi bonsai yeng ditampilakan pada salah satu even kontes yang pernah digelar PPBI Lampung Barat

MOMENTUM, Liwa--Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kabupaten Lampung Barat (Lambar) kembali akan menggelar even kontes dan pameran bosai. Kali ini bertajuk Gebyar Bonsai Bumi Sekala Bekhak yang akan diselenggerakan pada 19 hingga 27 Juni 2021, di Kebun Raya Liwa, Pekon/Desa Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit.

Kontes tersebut terbagi menjadi beberapa kelas: regional, madya, dan kelas utama. Selain itu juga akan diadakan kontes bonsai kelas bintang yang pertama di gelar di Pulau Sumatera.

Sedangkan untuk sepesifikasi bonsai, meliputi: mame dengan ukuran sampai dengan 15 centimeter, small ukuran 16-30 centimeter, medium 31-60 centimeter, large 61-100 centimeter serta extra large hingga 101 centimeter.

Ketua Panitia Gebyar Bonsai Bumi Sekala Bekhak AF Manurung mengatakan, kontes dan pameran berskala nasional itu bertujuan mempererat silaturahmi sekaligus motivasi bagai para pencinta bonsai, dari berbagai daerah,  khususnya Kabupaten Lambar

”Even ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan terhadap estetika seni bonsai yang terus berkembang. Selain itu, mengajak masyarakat, terutama para pencinta bonsai lebih kreatif dan aktif menjaga kelestarian alam," kata Manurung.

Diharapkan melalui kontes tersebut, dapat menumbuhkan minat masyarakat menggeluti seni bonsai yang bernilai ekonomi, tanpa harus merusak alam. 

"Even ini juga upaya kita mempromosikan potensi pariwisata Kabuapten Lampung Barat," terangnya.

Hal senada disampaikan  Ketau PPBI Lambar Widyatmoko Kurniawan. Menurut dia, even tersebut bertujuan mendukung program pemerintah, khsusunya Pemkab Lambar di bidang pengembangan potensi parawisata, seni dan budaya. 

”Spirit dari tema even adalah mempererat persatuan seluruh ePenggemar Bonsai lintas etnis, wilayah, golongan dan agama untuk memberikan sumbangsih mendukung program pembangunan, melaluo karya seni bonsai," terangnya.(**)

Laporan: sulemy

Editor: munizar