A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Panen Raya, Bupati Sebut Rawapitu Lumbung Terbesar di Provinsi Lampung | Harian Momentum

Panen Raya, Bupati Sebut Rawapitu Lumbung Terbesar di Provinsi Lampung

539 Views
Bupati Tulangbawang, Winarti panen raya padi Inbrida Impara di Kecamatan Rawapitu.

MOMENTUM, Rawapitu--Bupati Tulangbawang Winarti panen raya padi Inbrida Impara di lahan cetak sawah 2016 dan Optimalisasi Lahan 2019.

Kegiatan itu sekaligus launching program Kartu Petani Berjaya (KPB) oleh Gubernur Lampung yang diwakili Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fachrizal Darminto, di Kampung Sumberagung, Kecamatan Rawapitu, Kabupaten Tulangbawang, Rabu (19-5-2021).

Dalam kegiatan itu juga dibagikan bibit hortikultura dan benih padi kepada para petani.

Bupati Winarti mengatakan Kecamatan Rawapitu merupakan salah satu lumbung padi terbesar yang ada di Provinsi Lampung. "Masa Pandemi Covid-19 ini para petani di Tulangbawang tetap eksis dan mudah-mudahan membawa manfaat lebih baik lagi ke depan," ujar Bupati Winarti.

Dia juga menyebutkan, dukungan pemerintah daerah dan pusat sangat penting bagi para petani yang ada di Kecamatan Rawapitu. "Walaupun sudah berjalan. Panen raya padi hari ini, negara dapat melihat di Tulangbawang sebagai salah satu lumbung padi terbesar yang ada di Provinsi Lampung,” kata Winarti.

Lebih lanjut, Winarti mengatakan, sinergi pusat provinsi kabupaten serta sembilan kampung di Kecamatan Rawapitu sangat penting.

"Kini, listrik sudah masuk. Ini adalah bukti keseriusan dan perhatian pemerintah pusat, provinsi, kabupaten terhadap masyarakat Rawapitu," paparnya.

Masih kata bupati, sawah di Kecamatan Rawapitu Kampung Sumberagung seluas 9.471 hektare (ha) merupakan bantuan dari APBD Tahun 2021. "Kita akan memulai pengerjaan infrastruktur yaitu salah satunya adalah pengerjaan jalan dari Ronggolawe atau Kecamatan Banjaragung sampai ke Tugu Kuning hingga pintu masuk Rawapitu," katanya.


Sebanyak 1.500 bibit hortikultura diserahkan kepada wanita tani dan kelompok tani se-kabupaten Tulangbawang. Bantuan bersumber dari APBD Kabupaten Tulangbawang Tahun 2021. Benih Padi diserahkan untuk seluas 11.141 hektare kepada petani sumber dana dari APBN Tahun 2021.

"Kartu Petani Berjaya diserahkan kepada 374 petani di Kecamatan Rawapitu dan Kecamatan Rawajitu Selatan merupakan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung di bawah naungan Gubernur Arinal dan Wagub Chusnunia,” jelas Winarti.

Gubernur Arinal Djunaidi diwakili Sekprov, Ir Fachrizal Darminto., MA, menjelaskan Kementerian Pertanian RI telah menetapkan Provinsi Lampung sebagai lokomotif pertanian Indonesia.

“Melalui Kartu Petani Berjaya diharapkan para petani mendapatkan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan sarana produksi, akses pemodalan/pembiayaan, pembinaan usaha dan teknologi, pemasaran Hasil, penanganan pasca panen dan sebelum, asuransi dan jaminan sosial dan pendidikan bagi anak petani yang berprestasi,” ujarnya.

Ditambahkannya, Januari - April 2021 sebesar 68.005 ton padi meningkat dari Tahun Sebelumnya sebesar 24.801 Ton, disebabkan karena meningkatnya luas panen dari 7.793 Ha pada Tahun 2020 menjadi 21.370 Ha pada Tahun 2021. 

Untuk itu, diharapkan Kabupaten Tulangbawang tetap mempertahankan bahkan meningkatkan hasil produksi dan produktivitas padi guna mendukung ketahanan pangan di Provinsi Lampung.

Kegiatan itu turut dihadiri Kadis Pertanian, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Perkebunan Provinsi Lampung dan Ketua Tim Program KPB Prof. Dr. Ir. M Yusuf Sulfarano Barusman., MBA, serta Forkompimda Kabupaten Tulangbawang, Ketua DPRD Sopi’i, Dandim 0426 Letkol KAV Joko Sunarto, Kapolres Andy Siswantoro, SIK, Kajari Tulangbawang Dyah Ambarwati.(**)

Laporan: Abdul Rahman

Editor: Agus Setyawan