A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Fakhruddin Nugraha: Menyambung Aspirasi Daerah Terpencil | Harian Momentum

Fakhruddin Nugraha: Menyambung Aspirasi Daerah Terpencil

856 Views
Anggota DPRD Tanggamus Fakhruddin Nugraha

MOMENTUM, Kotaagung--Memperbaiki arah kebijakan pembangunan, agar lebih sejalan dengan kepentingan masyarakat. Itu misi utama Fakhruddin Nugraha melaksanakan tugas sebagai anggota DPRD Kabupaten Tanggamus.

Pria kelahiran 28 Desember 1981 itu petama kali terpilih sebagai Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus pada periode 2014-2019. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi perahunya mengarungi karier politik. 

Kiprahnya di lembaga DPRD Tanggamus kembali berlanjut di periode lima tahun kedua, 2019-2024.

Ketimpangan pembangunan, terutama di wilayah terpencil, menjadi alasan utama suami Vebia Yonata berkiprah di jalur politik.

“Wilayah Kabupaten Tanggamus ini luas,  tapi saya melihat pelaksanaan program pembangunan masih lebih banyak pada kawasan yang dekat dengan pusat pemerintahan. Sedangkan daerah terpencil seperti terabaikan. Walau pun ada, terkesan sekedar formalitas. Itu kenyataan yang mendorong saya berjuang lewat kursi DPRD,“ kata Fakhruddin.

Bagi Fakhruddin keadilan itu harus dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, tanpa terkecuali. Termasuk, keadilan dalam menikmati hasil program pembangunan.

“Sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945, keadilan itu mutlak harus diberikan kepada masyarakat. Adil dalam berperan aktif mendukung, sekaligus menikmati hasil pelaksanaan pembangunan. Misi utama saya adalah menyambung dan memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerah terpencil,“  terangnya.

Menurut pria lulusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta itu, semestinya pemerintah merubah pola pelaksanaan program pembangunan dengan lebih mengedepankan upaya pengembangan potensi di daerah terpencil.

“Bukan rahasia, kalau daerah-daerah terpencil di Kabupaten Tanggamus justru memiliki potensi sumber daya alam yang berlimpah, seperti pada sektor pariwisata, juga pertambangan dan energi. Sayangnya, potensi itu belum digali dan dikembangkan, bahkan nyaris diabaikan,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut dia, DPRD harus lebih maksimal mendorong pemerintah daerah merumuskan arah kebijakan pembangunan pada wilayah-wilayah terpencil dan potensial tersebut.

“Harus ada komitment kuat dari seluruh anggota DPRD untuk terusbmendorong terjadinya perubahan arah kebijakan pembangunan yang lebih merata dan lebih berpihak pada masyarakat. Itu harus dilakukan melalui pengembangan potensi pada wilayah-wilayah terpencil, “ jelasnya.

Ayah empat anak itu memaparkan, pengembangan potensi daerah terpencil, harus diawali dengan pembangunan sarana dan prasaran pelayanan masyarakat yang memadai, seperti jalan, pendidikan dan pelayanan bidang kesehatan.

“Jika sarana dan prasarana pelayanan publik dan akses transportasi sudah bisa diwujudkan dengan baik, maka otomatis upaya pengembangan potensi akan lebih mudah dilakukan. Dengan begitu  peningkatan kesejahteran masyarakat dapat cepat terwujud,” paparnya. (jal/mnz)

Biodata

Nama: Fakhruddin Nugraha, SE

Agama: Islam

Kelahiran: Talangpadang,  28-12-1981

Pendidikan: S1

Jabatan: Aggota DPRD Tanggamus

Partai Politik: PKS

Istri: Vebia Yonata, S.Pd

Anak: 1. Ghaisani Venara Janeta

            2. M Farabi Al-Rantisi

            3. Hania Venara Aqilla

           4. Muhammad Farabi Al-Debaran