A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Hamdani: 'Anak Singkong' di Kursi Legislatif | Harian Momentum

Hamdani: 'Anak Singkong' di Kursi Legislatif

952 Views
Hamdani

MOMENTUM, Kalianda--Mantan aktivis Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Semarang, Jawa Tengah ini mulai bersentuhan dengan politik praktis pada tahun 2016.

Saat itu Hamdani bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kultur Nahdatul Ulama (NU) yang membuatnya bergabung dengan partai yang didirikan almarhum Presiden Abdurrahman Wahid—Gus Dur itu.

"Garis perjuangan PKB itu senafas dengan ideologi saya dan satu-satunya partai yang dilahirkan oleh Nahdatul Ulama," kata anak petani dan perajin kelanting—makanan ringan hasil olahan singkong itu.

Sebagai "anak singkong" mantan pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu tahu benar permasalahan dan kondisi kehidupan para petani.

Menurut dia, salah satu yang menyebabkan kehidupan petani selalu lekat dengan kemiskinan adalah kurang berpihaknya kebijakan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah.

Kondisi itu, membuatnya merasa terpanggil untuk ikut berperan aktif secara langsung, mempengaruh arah kebijakan pembangunan agar lebih berpihak kepada kepentingan masyarakat, khususnya petani.

Pemilihan umum 2019, suami dari Siti Nur Kolifah itu membulatkan tekad untuk maju sebagai calon anggota legislatif Kabupaten Selatan melalui daerah pemilihan IV: Kecamatan Tanjungbintang, Tanjungsari dan Merbaumataram.

Latar belangkang sebagai anak petani dan aktivis kampus, membuat masyarakat tak ragu menitipkan amanah kepada Hamdani.

Dia pun terpilih sebagai anggota DPRD Lampung Selatan periode 2019-2024 dan tergabung di komisi II yang membidangi masalah ekonomi dan keuangan daerah.

Menurut dia, untuk mendongkrak perekonomian masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan, tidak bisa lepas dengan bidang pertanian. 

Maklum, sebagai besar penduduk kabupaten paling selatan Pulau Sumatera itu bermata pencaharian sebagai petani. Karena itu, pengelolaan keuangan daerah untuk melaksanakan program bidang perekonomian, harus lebih disinergikan dengan bidang pertanian.

"Dari dulu sampai sekarang yang namanya petani itu selalu lekat dengan kemiskinan. Tentu, itu karena ada yang kurang tepat dalam arah kebijakan pembangunan. Lewat kursi DPRD ini, saya akan berjuang mempengaruhi arah kebijakan pembangunan, agar lebih berpihak pada kepentingan petani," kata ayah satu anak itu. (alp/mnz)

BIODATA

Nama:  HAMDANI, S.H.I

Agama: Islam

Tempat/Tgl Lahir: Kertosari, 12 Desember 1987

Pendidikan: Strata 1 (S-1)

Jabatan: Anggota Komisi II DPRD Lampung Selatan

Partai politik: PKB

Nama Istri: Siti Nur Kolifah

Anak:  Muhammad Zdhan Alfaro