A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Darmajaya Gelar Lomba Berbahasa Inggris | Harian Momentum

Darmajaya Gelar Lomba Berbahasa Inggris

978 Views
Rektor IIB Darmajaya Firmansyah YA (songkok putih) berfoto bersama panitia dan peserta lomba berbahasa Inggris//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Ratusan peserta mengikuti Darmajaya English Competition (DEC) VII (lomba berbahasa Inggris) yang digelar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya.

Kegiatan bertajuk Prepare of The Golden Generation to Create Achievement itu bertempat di Gedung Raden Saleh, 15-16 Februari 2020.

Acara yang diikuti peserta tingkat SMA, universitas dan umum itu terdiri dari 10 tim debate; 25 peserta newscasting; 25 peserta speech; 27 peserta translating; dan  43 peserta scrabble. 

Rektor IIB Darmajaya, Firmansyah YA mengatakan, kampus sangat mendukung kegiatan yang bermanfaat dalam peningkatan kemampuan akademik mahasiswa.

“Kegiatan DEC VII juga sebagai ajang kompetisi untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris adik-adik,” ujarnya melalui rilis yang diterima harianmomentum.com, Minggu (16-2-2020).

Saat ini, sambung dia, bahasa Inggris sangat penting dalam berkomunikasi. Tidak hanya di luar negeri, tetapi juga di Indonesia.

“Kemampuan bahasa Inggris menjadi hal yang utama untuk menambah wawasan terhadap dunia luar,” ungkapnya.

Menurut Firmansyah, Darmajaya juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam menuntut ilmu ke luar negeri. Salah satu syaratnya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik.

“Buat adik-adik yang ingin melanjutkan kuliah dan memiliki keinginan untuk belajar ke luar negeri dapat bergabung dengan kampus The Best Darmajaya,” imbaunya.

Setiap tahun, lanjut Rektor, Darmajaya selalu mengirimkan mahasiswa untuk belajar ke beberapa negara seperti Malaysia, Vietnam, Rusia, Taiwan, Cina, Thailand, India dan Inggris.

“Kita juga selalu kedatangan mahasiswa asing yang berkuliah di Darmajaya. Beberapa waktu lalu baru saja mahasiswi Rusia menuntut ilmu di kampus biru,” bebernya.

Rektor berharap DEC VII dapat berjalan dengan baik dan lancar. “Berkompetisi dengan sportif dan yang belum beruntung nantinya dapat mencoba kembali di tahun depan,” tuturnya.

Sementara, Ketua Umum UKM Bahasa, Faisal Hanan mengatakan kegiatan DEC VII bertujuan untuk memasyarakatkan bahasa Inggris kepada pelajar dan mahasiswa di Lampung.

“Bahasa Inggris saat ini tidak lagi menjadi sesuatu yang luar biasa karena sudah menjadi hal biasa dikuasai oleh setiap orang. Kompetisi ini sekaligus mengenalkan kampus biru kepada pelajar SMA/SMK di Provinsi Lampung,” ungkapnya.

DEC VII juga sebagai ajang silaturahmi sesama untuk berkompetisi dalam berbagai perlombaan. “Untuk tahun ini lomba scrabble kita satukan yang newbie dengan open. Ada salah satu peserta scrabble yang selama ini juga selalu ikut di Darmajaya dan telah memiliki prestasi sampai India,” paparnya.

Mahasiswa jurusan Sistem Informasi itu menerangkan, peserta tahun ini mengalami peningkatan dari DEC VI sebelumnya.

“Alhamdulillah antusias peserta semakin baik tahun ini. Ada yang dari Jakarta untuk tingkat universitas dan pelajar juga dari berbagai kabupaten/kota di Lampung,” jelasnya.(**)

Editor: Agung Chandra Widi