A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Puluhan Perusahaan Jamin Penerapan K3 di Lampung | Harian Momentum

Puluhan Perusahaan Jamin Penerapan K3 di Lampung

958 Views
Penandatanganan Komitmen Bersama oleh instansi maritim di Pelabuhan Panjang./rft

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah perusahaan di Provinsi Lampung menyatakan komitmen menjamin penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di lingkungan perusahaan masing-masing.

Jaminan penerapan K3 itu ditandai dengan penandatangan komitmen bersama yang diikuti sepuluh perusahaan BUMN dan 15 perusahaan swasta. Penandatanganan berlangsung usai upacara peringatan bulan K3 di Pelabuhan Panjang, Kota Bandarlampung, Selasa (11-2-2020).

"Peringatan secara nasional itu menjadi momentum penerapan budaya K3 pada perusahaan yang ada di wilayah Pelabuhan Panjang," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang, Andi Hartono. 

Menurut dia, perlunya menyinergikan semua potensi yang ada di Pelabuhan Panjang, untuk mencanangkan keseragaman alat pelindung diri. "Nah, peringatan bulan K3 inilah yang sudah kita mulai sejak minggu lalu puncaknya adalah deklarasi komitmen bersama," ungkap Andi Hartono.

Ia menuturkan, momentum bulan K3 Nasional menjadi pengingat bersama guna menciptakan suasana di lingkungan kerja yang menjamin kesehatan dan keselamatan.

"Jadi perwakilan perusahaan memberikan pernyataan simbolis dengan menandatangani komitmen bersama. Intinya bagaimana perusahaan yang ada di Pelabuhan Panjang semakin memperhatikan K3 terkhusus penyediaan alat pelindung diri untuk pekerjanya," kata dia.

Selama ini, kata Andi, PT Pelindo II Cabang Panjang sudah menjadi contoh yang baik dalam penerapan K3 di wilayah kerja setempat.

"Tidak ada pembedaan, nanti standar alat pelindung diri dari semua perusahaan harus sama. Sebelumnya, memang banyak permintaan dari bawah (karyawan) tetapi belum direalisasikan oleh perusahaan, maka deklarasi ini dalam rangka memberikan dorongan," tegasnya.

Andi juga menekankan keharusan sinergi antara instansi yang ada di Pelabuhan Panjang, baik itu KSOP, Pemerintah Provinsi, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) maupun perusahaan yang ada. "Sinergi Instansi Maritim sangat penting dalam memajukan Pelabuhan Panjang, karena KSOP mustahil bekerja sendiri," katanya. (rft)

Berikut tujuh BUMN yang berkomitmen:

1. PT. Sinarmas

2. PTPN VII

3. PT. Bukit Asam

4. PT. Pertamina

5. PT. Semen Padang

6. PT. Pelindo II (Persero)

7. PT. Indocemen

Perusahaan swasta yang ikut berkomitmen:

1. PT OSCT (Oil Spill Combat Team)

2. PT SBR (Sumatera Bahtera Raya)

3. PT Bukit Prima

4. PT TBL (Tunas Baru Lampung)

5. PT SIP (Sumber Indah Perkasa)