Puluhan Dosen Darmajaya Dilatih Trampil dalam Mengajar

95 Views
Suasana pelatihan dosen IIB Darmajaya//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Puluhan dosen Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Darmajaya dilatih untuk trampil dalam menjalankan tugas sebagai tenaga pendidik di kampus setempat.

Untuk itu, Darmajaya menggelar Training of Trainer Employability Skill (pelatihan keterampilan kerja bagi pengajar) di Gedung Pascasarjana lantai III pada 22-23 Agustus 2019. Sebagai fasilitator ekgiatan Citra Abriani Maharani dan Co Fasilitator Ranni Rahmayanthi.

Wakil Rektor III IBI Darmajaya, Muprihan Thaib mengatakan, pelatihan itu dilakukan agar para dosen di kampus setempat dapat menciptakan suasana pembelajaran kelas menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.

“Tujuan lainnya agar kita dapat memetakan kemampuan anak-anak kita. Jadi ketika mereka terjun dalam dunia kerja atau industri dapat bersaing,” kata dia melalui rilis yang diterima harianmomentum.com, Minggu (25-8).

Era Revolusi Industri 4.0, menurut dia, membuat pembelajaran dalam kelas menjadi berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Jangan sampai pembelajaran yang dilakukan menjadi ketinggalan untuk diberikan kepada mahasiswa. Selama ini sudah sangat baik pembelajaran yang dilakukan kampus biru Darmajaya,” jelasnya.

Muprihan melanjutkan, adanya pelatihan itu dapat memberikan inovasi pembelajaran dalam kelas.

“Sesuai dengan visi Darmajaya menjadi perguruan tinggi pembelajaran unggul berbasis riset dan teknologi informasi,” terangnya.

Fasilitator Training, Citra Abriani Maharani mengatakan pelatihan dilakukan dalam rangka membantu pengembangan potensi mahasiswa.

“Untuk mempersiapkan mahasiswa dalam dunia kerja, kita pernah diberikan masukan oleh perusahaan bahwa banyak orang yang pintar tetapi yang berperilaku jujur itu sekarang sangat sulit,” ungkapnya.

Citra menerangkan kepada mahasiswa, harus ditanamkan konsep diri yang positif dalam melaksanakan pembelajaran.

“Perilaku yang baik dan positif mahasiswa akan membuat pembelajaran menjadi terserap dengan baik,” ujarnya.

Kegiatan pelatihan juga diisi dengan permainan yang diikuti oleh pengajar dengan praktik langsung kepada kelompok. Penyampaian materi kuliah edukatif menjadi permainan yang dilakukan oleh trainer kepada peserta, dosen IBI Darmajaya.(acw)