Rakor Sinergitas PKP, Ini Pesan Gubernur

174 Views
Suasana Rakor Sinergitas Perumahan dan Kawasan Permukiman menuju Rakyat Lampung Berjaya.

Harianmomentum.com--Penjabat Sekretaris Provinsi (Sekprov) Fahrizal Darminto membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Sinergitas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) menuju Rakyat Lampung Berjaya.

Rakor yang diselenggarakan Dinas PKP Provinsi Lampung itu berlangsung di Ballroom Hotel Sheraton, Kamis (11-7-2019).

Dalam sambutannya, Fahrizal mengatakan rumah merupakan faktor penting untuk mewujudkan pembangunan.

"Bagaimana mau berbicara soal pembangunan kalau rumah masih ada yang tidak layak huni, sanitasinya tidak sehat, fentilasi udara dan pencahayaannya kurang," kata Fahrizal saat menyampaikan sambutan Gubernur Arinal Djunaidi.

Bahkan, dia menyebutkan hingga tahun 2018 penyediaan air minum aman baru 75,31 persen, sanitasi layak 73 persen, pengentasan kawasan kumuh 0,63 persen dan penangan rumah tidak layak huni 5,02 persen.

"Permasalahan yang dihadapi Provinsi Lampung adalah masih rendahnya penyediaan air minum, sanitasi layak, pengentasan kawasan kumuh dan penanganan rumah tidak layak huni," sebutnya.

Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menargetkan peningkatan ketersediaan air minum mencapai 88 persen, meningkatkan sanitasi layak 85 persen.

Kemudian, menurunkan kawasan pemukiman kumuh menjadi 0,20 persen dan rumah tidak layak huni sehingga 0 persen.

"Target ini dalam rangka terwujudnya akses masyarakat  terhadap perumahan dan kawasan pemukiman yang layak, sehat, nyaman," tuturnya. (adw)