A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Tanggamus dan UIN Sunan Kalijaga Kerja Sama Pendidikan | Harian Momentum

Tanggamus dan UIN Sunan Kalijaga Kerja Sama Pendidikan

913 Views
Pemkab Tanggamus dan UIN Sunan Kalijaga jalin kerja sama. Foto. Glh.

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten Tanggamus bekerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Naskah kerja sama atau momorandum of understanding (MoU) ditandatangani Wakil Bupati Tanggamus Am Syafi'i dan Wakil Rektor Bidang Mahasiswa dan Kerja Sama UIN Sunan Kalijaga Waryono di Tanggamus, Jumat (3-5-2019). 

Turut menyaksikan, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Sunan Kalijaga Muhrisun, Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya Mega beserta jajaran, Kepala Dinas PUPR Riswanda Djunaidi, Adi Nugroho Kabid BPBD, serta perwakilan dinas Kesehatan.

Waryono mengatakan, UIN Sunan Kalijaga (Suka) akan mengembangkan kuliah kerja nyata (KKN) terkait dengan bencana dan memetakan daerah bencana di Tanggamus. Sehingga mahasiswa KKN dapat memberika pendidikan bagaimana menghadapi bencana.

Selain KKN UIN Sunan Kalijaga juga akan mengembangkan desa wisata. Di bidang ini, Tanggamus memiliki potensi besar, meliputi pegunungan dan laut yang indah.

"Kami juga bangga, karena ada alumni UIN diterima masyarakat sebagai wakil bupati Tanggamus (Am Syafi'i). Ini menjadi kebanggaan UIN Sunan Kalijaga," katanya.

Dia melihat, Kabupaten Tanggamus berpotensial masuk dalam program-program yang saat ini sudah berjalan di UIN Sunan Kalijaga. "Kami akan menerjunkan mahasiswa KKN ke Tanggamus pada Juli-Agustus mendatang di Pantai Kiluan di Kecamatan Kelumbayan," jelasnya.

Sementara Syafii mengatakan, kerja sama dengan UIN Suka ini merupakan bentuk dukungan perguruan tinggi demi terlaksananya pembangunan di Tanggamus, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif, mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, unggul dan berdaya saing. 

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoU) didasari atas suatu tujuan yaitu untuk menanamkan kesadaran dan meningkatkan rasa kepedulian masyarakat terhadap pentingnya kebersamaan dalam pembangunan, lingkungan yang sehat, bersih dan indah. 

"Masyarakat yang berbasiskan masjid sebagai pusat kegiatan dan pertumbuhan, ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi kerjasama penyelenggaraan kegiatan dalam bidang penelitian, pemberdayaan sumber daya daerah di Kabupaten Tanggamus.

Harapan kami, pelaksanaan KKN, pihak UIN dapat melaksanakan fokus kegiatan yang dapat memberikan banyak manfaat bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Tanggamus. Seperti pemberdayaan TPQ/TPA/PAUD, pendidikan dan pelatihan keterampilan usaha ekonomis produktif.

Menurut Syafi'i, dalam kerja sama ini, Pemerintah Tanggamus akan memerikan beasiswa kepada putra daerah yang kuliah di UIN Sunan Kalijaga. (blh/jal)