A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: strpos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior

Filename: MX/Router.php

Line Number: 239

Backtrace:

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 239
Function: strpos

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/application/third_party/MX/Router.php
Line: 72
Function: set_class

File: /home/u199773734/domains/harianmomentum.com/public_html/app/index.php
Line: 316
Function: require_once

Ratusan Warga Lampura Sambut Layanan Kereta Kesehatan | Harian Momentum

Ratusan Warga Lampura Sambut Layanan Kereta Kesehatan

788 Views
Asdo Artriviyanto. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang terus mengoptimalkan pemanfaatan `rail clinic` guna meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Rail Clinic merupakan retrofit kereta rel diesel (KRD) yang dimodifikasi dan dilengkapi fasilitas alat kesehatan serba digital dan lengkap dengan tenaga medisnya. Pada Kamis, 9 Agustus 2018, ketera ini mendatangi warga di Desa Banjarwangi dan Madukoro, Lampung Utara (Lampura).

Ratusan warga pun sangat antusias menyambut kehadiran Rail Clinic milik PT KAI Divre IV Tanjungkarang tersebut untuk memeriksa kesehatan.

Sumiati (52), warga Banjarwangi sangat senang dan terbantu dengan kehadiran Rail Clinic di desanya. Dia bisa melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh dan juga matanya secara gratis.

"Alhamdulillah hari ini saya bisa berobat gratis. Sekalian periksa mata saya yang sudah mulai rabun juga," ujar Sumiati saat ditemui di Stasiun Cempaka, Kotabumi, Lampung Utara, Kamis (09/8/18).

Dia berharap, kunjungan ini tidak hanya dilakukan satu kali ini saja, tetapi setiap bulan sehingga masyarakat bisa lebih tertolong. Mengingat fasilitas kesehatan, terutama kesehatan mata di daerahnya belum begitu memadai, dan lokasinya berada cukup jauh dari desanya

Sementara Wakil EVP Divre IV Tanjungkarang Asdo Artriviyanto mengatakan, bakti sosial Rail Clinic hari ini merupakan yang ke 12 kali yang telah dilakukan Divre IV TanjungKarang.

"Di Lampung, Divre IV ini sudah yang ke 12 kali di stasiun yang berbeda, dengan rata-rata pasien 300 orang. Jika ditotal sudah sekitar 3600 orang yang melakukan pemeriksaan kesehatan gratis di Rail Clinic ini," ungkap Asdo kepada media.

Dalam memilih lokasi pelayanan Rail Clinic, lanjut Asdo, pihaknya selalu menentukan skala prioritas. Yaitu, daerah yang fasilitas kesehatannya cukup jauh dari jangkauan masyarakat.

Hingga akhir tahun 2018, Rail Clinic menargetkan dapat melayani masyarakat di 24 stasiun. Sementara 12 stasiun lainnya yang ada di wilayah Divre IV TanjungKarang akan dilaksanakan pada 2019.

Asdo berharap, Divre IV Tanjungkarang sebagai bagian dari Kementerian BUMN dapat membantu menyehatkan masyarakat di daerah-daerah yang belum terjangkau fasilitas kesehatan yang memadai. (ira).